Pasang

10 Tips Berolahraga bagi Pemula

  • Bagikan
Seorang perempuan sedang melakukan olahraga
Seorang perempuan sedang melakukan olahraga (Foto: [email protected]_iin)

TIPS, SINERGI MADURA – Kesehatan merupakan anugerah Tuhan Maha Esa yang tidak ternilai harganya oleh apapun.

Tubuh sehat adalah dambaan bagi setiap insan di muka bumi ini, tentunya semua manusia pasti ingin hidup sehat tanpa ada beban sakit.

Pasang

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan fisik yaitu dengan berolahraga, karena hal itu dapat memberikan manfaat baik secara mental.

Berolahrga secara rutin dapat memperbaiki suasana hati yang senang, mengahilangkan stres hingga membuat tidurpun lebih nyaman.

Biasnya olah raga yang kalian lakukan yaitu memilih olahraga di luar ruangan atau outdoor  dan bisa memiliih di dalam ruangan atau indoor.

Nah bagi kalian yang masih awal untuk berolahraga maka harus melakukan persiapan terlebih dulu, agar hasilnya dapat optimal serta mengurangi resiko cidera.

Berikut tips olahraga untuk pemula yang harus dipersiapkan, antara lain:

1. Perhatikan asupan nutrisi
Konsumsi makanan bergizi dengan pola yang teratur, maka perhatikan asupan karbohidrat ringan seperti jus, buah, atau yogurt sebagai pasokan energi dalam olahraga.

2. Lakukan kreasi dalam jenis olahraga berbeda
Biasakan melakukan jenis olahraga berbeda agar tidak merasa bosan dengan aktivitas dan latihan yang terlalu monoton. Maka perbanyaklah informasi mengenai kreasi dan inovasi jenis olahraga.

Baca juga: Orang Madura Perlu Lakukan Ini Agar Tetap Awet Muda dan Segar

3. Keluarlah dari zona nyaman
Setelah merasa nyaman dengan tingkat aktivitas tersebut, cobalah untuk keluar dari zona nyaman yakni melakukan hal lebih dari waktu biasanya misalnya jika kalian olahraga selama 30 menit, tambah menjadi 45 menit atau 1 jam.

4. Jangan terlalu jauh menentukan target
Untuk langkah awal kalian buatlah target-target kecil dalam berolahraga, yang penting kalian dapat rasakan tiap prosesnya sedikit demi sedikit.

5. Awali dengan berkonsultasi pada dokter
Olahraga untuk pemula ini sangat penting, terutam bagi yang jarang berolahraga atau sudah berusia 45 tahun ke atas.

Dengan melakukan pemeriksaan fisik ke dokter, sehingga dapat mendeteksi penyakit yang bisa meningkatkan risiko cedera.

6. Perhatikan langkah awal dan konsistensi
Untuk pemula langkah awal untuk tetap menjaga konsisten, maka jangan terlalu berlebihan olahraga awal, belajarlah mendisiplinkan diri dulu.

7. Persiapkan tubuh untuk berolahraga
Minumlah air dan makan makanan ringan sebelum berolahraga disarankan makan sebelum satu atau dua jam  saat akan berolahraga. Hal itu sebagai bentuk persiapan tubuh untuk menghadapi aktivitas fisik yang akan dijalani.

8. Latihan kekuatan
Lakukan olahraga dengan alat berat atau setidaknya push up,
kekuatan menjadi kunci penting, sebab otot yang kuat akan lebih banyak membakar kalori, mencegah cidera, dan menguatkan struktur tulang.

9. Pelajari gerakan yang benar
Setiap berolahraga pakai tata cara dan aturan yang benar, sebab jika dilakukan dengan gerakan yang salah, tentu hasil akhirnya tidak akan optimal.

10. Pilih pakaian olahraga yang tepat
Perlu diingat, kalian harus memakai pakaian olahraga dan sepatu yang tepat, demi kenyamanan dan efektivitas dalam berolahraga.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *