Pasang

15 Destinasi Wisata di Sumenep Ini Ramai sebelum Pandemi, Cek Daftarnya!

  • Bagikan
Foto: Instagram @einzbeth

SUMENEP, SINERGI MADURA – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merupakan salah satu dari empat kabupaten yang berada di Pulau Madura setelah Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

Kabupaten berjuluk Kota Keris ini berada di wilayah ujung timur Pulau Madura. Siapa sangka, kabupaten ini ternyata memiliki banyak potensi tempat wisata yang menarik dan eksotis.

Pasang

Sehingga, belum lengkap rasanya bila kabupaten berlambang Kuda Terbang ini tidak masuk dalam daftar tujuan berlibur Anda bersama keluarga.

Meski demikian, 15 Destinasi wisata ini sudah mulai sepi akibat kondisi dunia termasuk Indonesia tenga dilanda bencana non alam Alisa pandemi COVID-19.

Jika Anda penasaran, berikut 15 daftar tempat wisata yang wajib Anda datangi apabila sudah dibuka kembali:

1. Gili Iyang

Gili Iyang merupakan sebuah pulau yang berlokasi di Kecamatan Dungkek. Pulau dengan berukuran mini ternyata memiliki kadar oksigen tertinggi kedua di dunia.

Selain itu, Gili Iyang juga menyuguhkan hamparan pantai pasir putih yang bersih dan masih terjaga kealamiannya. Di tempat ini Anda juga bisa melihat sunset di sore hari.

Untuk bisa menuju ke tempat ini, Anda hanya butuh waktu sekitar enam puluh menit dari Pelabuhan Dungkek.

Baca Juga: Pemkab Sumenep Dorong Pelaku Wisata Siapkan Sertifikat CHSE dan Peduli Lindungi

2. Gili Genting

Pulau ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan pulau lainnya di Kabupaten Sumenep. Sesuai namanya, Pulau Gili Genting berada di wilayah Kecamatan Gili Genting.

Di pulau ini, terdapat dataran tebing dan hamparan batu karang yang sangat menarik. Juga kebersihan pantainya masih terjaga dan terawat. Pantai itu diberi nama Pantai Kehuripan.

3. Pantai Lombang

Berikutnya adalah Pantai Lombang yang dihiasi dengan pohon cemara yang sangat rimbun. Bila berkunjung ke pantai ini, Anda tidak perlu takut kepanasan.

Objek wisata ini berjarak sekitar 25 km dari jantung Kota Sumenep dengan jarak tempuh sekitar 20-30 menit menggunakan kendaraan roda dua.

4. Bukit Tinggi Daramista

Tempat wisata ini terbilang baru, wisatawan yang datang biasanya dari dalam maupun luar daerah.

Di tempat ini Anda bisa menikmati udara yang sejuk sebab berada di atas bukit dengan fasilitas yang memadai dan terdapat spot foto yang menakjubkan.

5. Pantai Slopeng

Objek wisata yang wajib anda kunjungi berikutnya adalah Pantai Slopeng. Di pantai ini ombaknya cukup tenang sehingga aman untuk anak-anak bermain air. Tak jarang bagi para wisatawan pantai ini dijadikan tempat favorit untuk berlibur bersama keluarga.

Baca Juga: Disparbudpora Sumenep segera Susun Perbup Pramuwisata

6. Pantai Sembilan

Sebutan Pantai Sembilan bagi objek wisata yang satu ini dikarenakan bentuknya yang hampir menyerupai dengan angka 9.

Pantai ini berada di Pulau Gili Genting. Di tempat ini juga anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan, seperti banana boat, ATV, dan Anda bisa melakukan camping di areal pantai.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise di pagi hari sekaligus sunset di sore hari.

7. Gili Labak

Di tempat ini Anda bisa menikmati air laut yang sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Hamparan pantai pasir putih juga menjadi salah satu daya tarik dan bebas polusi.

Anda juga bisa melihat terumbu karang yang begitu cantik dan tetap terjaga. Jadi sangat cocok untuk melakukan snorkeling.

Biaya sewa perahu ke Gili Labak ini sekitar Rp600 ribu sampai Rp800 ribu.

8. Pulau Sapeken

Pulau ini merupakan pulau terluar yang dimiliki Kabupaten Sumenep. Anda harus menempuh jalur laut dan membutuhkan waktu tergolong cukup lama untuk bisa sampai ke tempat ini.

Tapi jangan khawatir, selama menempuh perjalanan laut anda tidak akan merasakan bosan. Anda bisa menikmati panorama alam yang sangat memukau.

9. Pulau Ambunten

Di Pantai ini ombaknya terbilang cukup tinggi. Namun, Anda bisa menyaksikan areal batu karang berongga yang sudah mulai terkikis habis akibat ombak pantai.

Pantai ini memiliki pasir dengan warna cokelat kemerahan. Anda juga bisa berswafoto dengan hasil yang makjleb.

10. Bukit Kapur Kombang

Bukit ini bila dilihat dari jarak jauh bagaikan kastil di Benua Eropa.

Mulanya, tempat ini merupakan kawasan pertambangan. Saat ini dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang terbuka untuk umum sebeb sudah tidak produktif sebagai lokasi tambang.

11. Kepulauan Masalembu

Pulau ini disebut-sebut sebagai salah satu penopang sumber daya ikan dan non ikan di Madura. Sebab, di pulau ini juga diketahui terdapat terumbu karang, telu, rumput laut, pesisir litoral, dan area umbalan.

Pulau ini juga berada di tiga area, yakni Pulau Masalembu, Pulau Masakambing dan Pulau Keramaian.

15 Destinasi Wisata di Sumenep Ini Ramai sebelum Pandemi, Cek Daftarnya!

12. Pulau Mamburit

Pulau Mamburit menyuguhkan hamparan pasir putih dengan air laut yang cukup jernih. Terumbu karang masih tetap asri jadi sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan diving atau snorkeling.

13. Museum Keraton Sumenep

Di Museum Keraton ini terdapat sejumlah barang-barang berharga bersejarah peninggalan para raja. Bila Anda berlibur ke tempat ini, wawasan Anda tentang sejarah Sumenep dijamin pasti akan bertambah.

Museum ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.30 WIB.

14. Pantai Badur

Pantai ini belum banyak didatangi para wisatawan sebab masih belum cukup terkenal. Namun, di pantai ini Anda bisa melakukan healing dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

Pantai ini terletak di Desa Batu Putih, Kabupaten Sumenep.

15. Air Terjun Durbugan

Dijamin Anda akan betah berlama-lama di tempat ini sambil berfoto-foto ria bersama keluarga, teman, sahabat bahkan pacar.

Sebab, tempat ini sangat cocok untuk menyegarkan tubuh Anda setelah sepekan bekerja. Karena tempat wisata yang satu ini merupakan wisata air terjun dengan suasana yang sangat sejuk.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *