Pasang

220 Buruh di Pamekasan Ikuti Pelatihan Keterampilan Kerja Bertahap

  • Bagikan
TERBUKA: Pintu utama Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Pamekasan

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur akan melaksanakan pelatihan keterampilan kerja khusus 220 orang buruh secara bertahap.

Plt Kepala DPMPTSP-Naker Pamekasan, Supriyanto mengatakan, pelatihan ini diambil dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp 839 juta untuk buruh tani dan buruh pabrik rokok di kabupaten berjuluk Bumi Gerbang Salam.

Pasang

“Insyaallah bulan depan. Pelatihan digelar untuk meningkatkan keterampilan buruh pabrik rokok,” ucapnya, Selasa (29/6/2021).

“Ada sekitar 220 buruh yang akan dilatih itu berstatus buruh pabrik. Beberapa ada yang buruh tani dan ingin menjadi buruh pabrik, kita latih juga,” kata pria yang akrab disapa Pri.

Lebih lanjut Supriyanto menjelaskan, pelatihan keterampilan kerja untuk buruh pabrik hakikatnya mirip dengan pelatihan yang telah diberikan Pemkab Pamekasan kepada para wirausahawan baru dalam program Wira Usaha Baru (WUB).

“Pada pelatihan kali ini kita bekerja sama dengan sejumlah pabrik rokok. Pelatihan akan digelar selama 10 hari per paket,” jelasnya.

“Tujuan lain dijalinnya kerja sama ini agar ke depan pabrik mau menyerap tenaga kerja yang sudah dilatih. Buruh yang baru dilatih bisa diserap oleh pabrik juga,” imbuhnya.

Pri menambahkan, 220 buruh pabrik tersebut nantinya akan dibagi dalam 11 paket. Setiap paket ada sekitar 20 orang. Pelatihan tersebut ditargetkan selesai pada September 2021.

Pihaknya berharap, pelatihan tersebut nantinya bisa meningkatkan keterampilan para buruh pabrik. Selaras dari itu, kualitas rokok di wilayah Pamekasan diharapkan juga akan meningkat.

“DBHCHT dikucurkan untuk memperbaiki sektor usaha di bidang rokok. Tentu, yang dimaksud untuk keterampilan kerja di pabrik yang legal, bukan yang ilegal,” tegasnya. (adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *