289 Petugas Gabungan di Sumenep Amankan Perayaan Paskah 2021

289 Petugas Gabungan di Sumenep Amankan Perayaan Paskah 2021
SIAGA: Aparat saat jaga ketat salah satu Gereja di Sumenep (Hayat - Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Sebanyak 289 personel gabungan dari TNI dan Polri disiagakan untuk mengamankan perayaan Paskah 2021 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Kabag Ops Polres Sumenep, Kompol Ahmad Robial menjelaskan, para personel gabungan yang disiagakan itu akan disebar di dua gereja dan rumah pendeta. "Tim itu dibagi menjadi tiga titik, pertama di Gereja Pantekosta Sumenep, Gereja Katolik Maria Gunung Karmel, Paroki Sumenep dan ketiga di rumah pendetanya," kata Robial, Jum'at (2/4/2021).

Para personel yang dilengkapi dengan senjata akan memeriksa setiap jemaat yang akan masuk ke dalam gereja. "Orang luar daerah dilarang masuk, jadi hanya khusus jemaat asal Sumenep saja," imbuhnya.

Baca Juga: Laka Lantas di Jalan Nyiburan Sampang, Satu Orang Meninggal Dunia

Pejagaan keamanan gereja diperketat, lanjut Robial, setelah ada aksi terorisme beberapa waktu terkahir ini. Seperti aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari Minggu lalu dan aksi teror di Mabes Polri yang dilakukan oleh seorang perempuan berusia 25 tahun inisial ZA.

“Sebanyak 219 personel kepolisian dan 70 TNI ini akan mengawal ketat perayaan Paskah sampai selesai. Jadi kami perketat penjagaan sebagai antisipasi dan jaminan keamanan," sebutnya.

"Kami perketat pengamanan demi kenyamanan peribadatan kaum Kristen di Sumenep sampai usai Paskah selesai," tandasnya. (yt/an/fd)


(*)