Pasang

3 Solusi Tepat Cara Atasi Sesak Nafas

  • Bagikan
Wanita cantik sedang mengalami sesak nafas
Wanita cantik sedang mengalami sesak nafas (Foto: Hello Sehat)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA –  Pada saat awal mula virus corona (Covid-19) menimpa Indonesia, banyak orang sering mengakait-kaitkan gejala utamanya adalah sesak nafas.

Namun seiring informasi yang menyebar, sesak nafas bukanlah faktor utama yang menjadi gejala dari virus corona.

Pasang

Sebenarnya faktor pemicu sesak napas yaitu obesitas atau penumpukan lemak yang berlebihan di badan, sehingga memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Seiring meningkatnya obesitas pada badan membuat tertutupnya rongga pernafasan pada tenggorakan yang menyebabkan sulit untuk bernafas atau sesak nafas.

Tidak hanya itu saja, badan terlalu kurus, perokok aktif, penderita anemia, bekerja pada lingkungan yang penuh polusi dan lainnya juga berpotensi mengalami sesak nafas.

Nah, jika kita mendadak mengalami hal tersebut, maka jangan panik karena masih bisa di atasi, kalau panik bukannya sembuh tapi malah tambah parah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 cara mengobati atau mengatasi sesak nafas secara sederhana, antara lain:

1. Bernafas menggunakan hidung dan mulut
Bernapas lewat mulut adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mengatasi sesak napas. Dimana kita bisa Menarik dan membuang nafas lewat mulut yang memungkinkan mengambil udara lebih banyak.

Sehingga setiap hembusan nafas kita lebih dalam dan efektif. Membuang nafas lewat mulut juga dapat membantu melepaskan udara yang terperangkap pada paru-paru. Namun, melegakan pernapasan dengan cara ini tidak bisa sembarangan.

Berikut cara bernapas lewat mulut untuk mengatasi gejala sesak napas. Lemaskan otot bahu dan leher kita. Perlahan-lahan ambilah napas dari hidung tahan selama beberapa detik. Kerucutkan bibir seolah-olah kita akan bersiul bersiul.

Buang napas secara perlahan lewat mulut. Anda dapat menggunakan cara ini kapan saja setiap kali akan mengalami sesak napas. Terutama setiap kali habis mengangkat benda berat, naik tangga, membungkuk, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Obati Kuku Cantengan

2. Berbaring
Dengan cara selanjutnya yaitu berbaring diatas bantal yang agak tinggi dapat melegakan nafas, dengan posisi badan berbaring telentang sebagai cara mengatasi masalah ini.

Lalu sangga kepala dengan bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari jantung. Selipkan guling atau bantal tebal di bawah lutut Anda.

Pastikan punggung tetap dalam posisi lurus dan kedua tangan lurus di sisi badan. Posisi rebahan seperti ini membantu melebarkan saluran udara yang terhambat, sehingga Anda jadi bisa bernapas lega.

3. Berobat
Dengan cara minum obat adalah cara terakhir yang bisa dilakukan saat sesak nafas tidak bisa diatasi dengan cara berbari atau bernafas menggunakan hidung dan mulut.

(*Ganes/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 3 Cara Ampuh Atasi Sesak Nafas)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *