Pasang

4 Bahan Alami Ini Dapat Atasi Ketombe, Salah Satunya Minyak Kelapa

  • Bagikan
Ketombe
Ketombe. (Foto: dream.co.id)

TIPS, SINERGI MADURA – Ketombe merupakan salah satu masalah pada rambut dan kulit kepala yang cukup umum terjadi. Hal ini bisa lebih sering muncul pada orang yang jarang berkeramas atau kurang menjaga kebersihan rambutnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagian orang memilih untuk merawat rambutnya dengan bahan-bahan alami yang diolah untuk menghilangkan ketombe.

Pasang

Berikut adalah 4 bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala yang perlu Anda ketahui, sebagaimana dikutip dari Sinergi Jatim.

Baca Juga: Perlu Kita Coba, 4 Tips Supaya Pacar yang Cuek Bisa Jadi Rindu

1. Soda kue

Soda kue, dipercaya dapat digunakan untuk mengurangi gatal-gatal dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.

Selain itu, bahan ini juga dapat membasmi jamur penyebab munculnya ketombe.

Baca Juga: Cara Membuat Perkedel Kentang Panggang yang Empuk dan Super Mantap

Guna mendapatkan hasil maksimal, taburkan soda kue secukupnya ke rambut yang basah secara merata, kemudian diamkan selama 1–2 menit sebelum keramas.

2. Lidah buaya

Sudah tak asing rasanya jika mendengar tanaman yang satu ini, pasalnya lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Hal ini karena, kandungan antiradang dan antijamur pada lidah buaya diketahui dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Cara mengaplikasikannya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar yang telah dihaluskan ke kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Usahakan untuk menggunakan lidah buaya secara rutin selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya.

3. Cuka apel

Bahan Alami untuk Atasi Ketombe berikutnya yakni cuka apel. Kandungan zat asam pada cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati di kepala yang merupakan penyebab munculnya ketombe.

Selain itu, cuka apel juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit kepala sehingga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya, Anda perlu mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan 1 gelas air, lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu selama 15 menit dan cuci rambut hingga bersih.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa ini merupakan salah satu bahan alami yang sudah sejak lama digunakan secara tradisional untuk menghilangkan ketombe.

Hal tersebut, karena jenis minyak ini dapat melembapkan kulit kepala dan rambut serta mencegah kulit kepala kering dan mengelupas.

Cara menggunakannya cukup mudah yakni oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan dan diamkan selama 15–20 menit.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga baik untuk menghaluskan dan menyuburkan rambut.

Itulah pembahasan mengenai bahan alami untuk atasi ketombe yang menempel pada kulit kepala. Semoga bermanfaat bagi Sinergi Lovers.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *