Pasang

4 Kebiasaan Unik Ini Hanya Ada di Madura

  • Bagikan
4 Kebiasaan Unik Ini Hanya Ada di Madura
Bermain sepak bola sambil sarungan (Foto: republika)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Pulau Madura merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Timur. Di pulau ini terdapat empat kabupaten. Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Terdapat banyak hal menarik dan unik di pulau ini. Bila Anda berkunjung ke sana, pasti akan berjumpa dengan hal-hal yang tidak ada di daerah lain.

Pasang

Pasti lebih asyik dan seru bila Anda mengetahui makna dari keunikan yang menjadi ciri khas warga Pulau Garam ini.

Berikut 4 hal unik yang hanya ada di Madura:

1. Masyarakat Bersarung

Masyarakat di Pulau Madura dalam kesehariannya lebih sering memakai sarung dibanding celana.

Sarung oleh masyarakat Madura tidak hanya dipakai untuk beribadah. Bersilaturrahim ke rumah kerabat atau keluarga, ke pasar, bahkan ke acara pernikahan. Uniknya lagi, saat bermain sepak bola juga terkadang sarungan, Loh.

Di Madura, sarung tidak hanya dipakai oleh laki-laki saja, perempuan juga. Sarung bagi masyarakat Madura sangat berharga sebab merupakan bentuk kesopanan.

Baca Juga: Ramuan Khas Madura Ini Bikin Pria Ganas di Ranjang

2. Letusan Petasan

Anda tidak usah kaget bila ada di Madura jika tiba-tiba terdengar bunyi sebuah ledakan. Tenang saja, itu bukan ledakan bom.

Ya, itu adalah bunyi ledakan petasan yang sengaja diledakkan ketika sedang mengadakan acara seperti pernikahan, pawai malam tahun baru, dan menyambut keluarga yang baru kembali dari Tanah Suci, Makkah.

Meledakkan petasan merupakan salah satu bentuk ekspresi dari rasa sukacita masyarakat Madura.

3. Merokok

Bagi kaum laki-laki di Madura, merokok merupakan salah satu bentuk ekspresi yang menunjukkan keperkasaan. Rokok di Madura mayoritas digandrungi oleh kaum lelaki.

Kebiasaan itu bisa disebut wajar sebab Pulau Madura merupakan salah satu daerah penghasil tembakau.

Baca Juga: 6 Budaya Suku Madura yang Wajib Anda Ketahui

Tak jarang ditemukan dari mereka yang tetap merokok di dalam transportasi umum. Sama halnya dengan kopi, rokok bagi masyarakat Madura merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sebab, hal itu sudah mendarah daging.

4. Membawa Senjata Tajam

Pada umumnya mayoritas laki-laki di Madura akan membawa senjata tajam bila bepergian seperti keris, pisau dan celurit.

Tenang saja, kebiasaan ini tidak seseram yang ada di pikiran Anda. Mereka membawa senjata tajam tidak untuk melukai orang lain.

Benda-benda tajam itu menjadi pelengkap perjalanan mereka saja dan penggunaannya pun tidak sembarangan. Ya, itu hanya ibarat aksesoris bagi masyarakat modern. Anda tidak perlu khawatir dan takut bila berkunjung ke Madura mendapati masyarakat yang membawa senjata tajam.

Ini hanya sekilas tentang kebiasaan unik Masyarakat Madura. Bila Anda menemukan hal unik lainnya tentang Madura, jangan lupa berbagi ya!

(*)

  • Bagikan

Respon (2)

  1. Konvoi sambut tukang bubur naik haji juga, min.. sambut penceramah, rayakan kemenangan kepala desa dan lain sebagainya. Itu sekarang seolah jadi budaya baru di Madura, khususnya Sumenep. Haha.. ada ada aja orang Madura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *