Pasang

4 Langkah Membuat Soto Bening yang Lezat Khas Madura

  • Bagikan
4 Langkah Membuat Soto Bening yang Lezat Khas Madura
Masakan soto bening khas Madura (Foto: sahabatnestle.co.id)

KULINER, SINERGI MADURA – Sajian soto bening Madura sangat cocok untuk menemani makan keluarga. Masakan kuahnya yang terbuat dari bahan daging sapi lezat dan gurih.

Meski terdiri banyak langkah dalam membuat soto ini, namun hasil yang didapat akan setimpal. Selain rasanya yang lezat, masakan khas Madura ini mengandung banyak nutrisi.

Pasang

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara atau langkah penting membuat soto bening Madura yang mudah bisa Anda coba di rumah.

1. Agar bisa menghasilkan kuah yang bening dan tidak keruh, Anda dapat melakukan dengan merebus daging dan tulang dalam air panas, sehingga pori-pori daging tertutup dan biarkan hingga mendidih.

Selanjutnya, buang air rebusan tersebut dan rebus kembali daging dalam air dingin hingga matang dan kuahnya mengandung kaldu. Namun, Anda tidak perlu cemas saat membuang air rebusan pertama yang dilakukan dalam air panas karena air tersebut tidak mengandung kaldu.

Baca Juga: Belajar Resep Sate Ayam Kepada Orang Madura, Ini Bahannya

2. Gunakan panci presto untuk menghemat waktu pembuatan soto. Jika tidak ada panci presto, Anda dapat mengakalinya dengan memerhatikan cara memotong daging, potong daging berlawanan arah dari serat agar mencegah proses bersatunya serat daging ketika direbus, sehingga daging pun dengan cepat menjadi lebih empuk.

3. Cara lain agar sajian soto bening Madura Anda menjadi lebih maknyus adalah dengan cara memukul perlahan kedua sisi daging hingga teksturnya berubah menjadi lebih empuk.

Jika daging mulai bergeser saat dipukul, Anda dapat menggunakan talenan sebagai alas. Jangan lupa memukulnya dengan perlahan agar sari dagingnya tetap terjaga.

4. Langkah terakhir, agar bisa memberikan warna menarik dan aroma yang khas pada kuah soto, Anda diperlukan menambah kunyit yang telah dibakar.

Pilihlah kunyit yang tua, namun kulitnya yang tidak kering dan berkeriput. Pembakaran kunyit pada resep soto bening Madura diperlukan untuk mengeluarkan aroma khas.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *