Pasang

4 Manfaat Kebiasaan Minum Kopi Hitam di Waktu Pagi

  • Bagikan
Secangkir kopi hitam di waktu pagi
Secangkir kopi hitam di waktu pagi (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Sebagian orang sudah menjadi kebiasaan meminum segelas kopi di pagi hari dan hal itu dianggap bisa meningkatkan rasa semangat serta dapat membuat suasan hati terasa lebih tenang.

Tidak hanya itu saja meminum kopi sebelum beraktivitas juga dipercaya dapat menumbuhkan kemampuan berpikir otak yang lebih cemerlang.

Pasang

Namun fakta sebenarnya, mengonsumsi kopi hitam tidak akan berdampak pada kinerja otak, akan tetapi hanya bisa menjauhkan dari stres.

Meski dengan demikian, manfaat yang bisa dirasakan dari pecinta kopi pada pagi hari yaitu dapat menjaga kesehatan tubuh. Seperti apa manfaatnya? yuk simak di bawah ini ya!

Baca juga: Warga Madura Mesti Tahu, Ini Lima Khasiat Kopi

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat mengonsumsi segelas kopi di waktu pagi, antara lain:

1. Anti stres
Kebiasaan meminum segelas kopi hitam di pagi hari bisa membantu seseorang terhindar dari stres. Sebab kopi terdapat kandungan yang bisa menjaga suasana hati.

Perlu kita ketahi bahwa stres tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi bisa berdampak dalam jangka panjang, yang bisa memicu depresi hingga berujung pada penurunan kualitas hidup.

2. Menurunkan resiko diabetes
Kebiasaan meminum segelas kopi hitam di pagi hari dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Sebab kafein yang terkandung di kopi bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga bisa mencegah diabetes.

3. Menurunkan berat badan 
Kopi hitam tanpa tambahan gula atau creamer, ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, sebab kafein yang terkandung di kopi hitam dapat memacu metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu proses pembakaran lemak.

Agar manfaat mengonsumsi kopi hitam dapat terasa, sebaiknya juga sangat penting menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

4. Menurunkan resiko alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit pada gangguan daya ingat atau penurunan daya ingat. Maka dari itu rutin mengonsumsi kopi dapat menurunkan resiko penyakit semacam tersebut.

Karena kandungan kafein dalam kopi juga bisa menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *