Pasang

4 Tips Menjemur Pakaian yang Benar Agar Kualitasnya Terjaga

  • Bagikan
Jemuran pakain
Ilustrasi jemuran pakaian. (Foto: wajibbaca.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Pakaian yang kotor tentu harus dicuci sampai bersih, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Menjemur pakaian harus dilakukan dengan cara yang tepat dan benar agar pakaian yang Anda cuci tidak lembab atau bau apek.

Sebab, menjemur dengan cara yang salah atau asal-asalan akan membuat kualitas dari suatu pakaian Anda menjadi menurun.

Pasang

Mungkin terkesan sepele, namun menjemur pakaian dengan tepat dan benar sangatlah diperlukan. Agar pakaian tetap awet dan terjaga.

Berikut adalah tata cara menjemur pakaian yang baik dan benar, sebagaimana Sinergi Madura rangkum dari berbagai sumber.

1. Banyak orang sering menggunakan hanger atau gantungan baju untuk menjemur pakaian. Tahukah Anda bahwa menjemur dengan hanger akan membuat serat kain dalam pakaian menjadi turun karena kandungan air ketika dicuci masih tersimpan dan terkumpul dibagian bawah pakaian.

Nah, sebaiknya jemurlah pakaian dengan cara seperti Anda menjemur sprei, handuk atau kain di tiang gantungan, atau diselipkan di bagian bawah hanger dengan cara seperti dilipat.

Baca Juga: Arti Mimpi Mencuci Baju, Pertanda Akan Datang Kebahagiaan

2. Usahakan untuk menjemur pakaian dengan cara membaliknya, sehingga bagian dalam menjadi bagian terluar.

Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga warna pakaian agar tidak pudar akibat sinar matahari langsung, terutama warna-warna yang gelap seperti hitam, marun atau biru donker.

3. Menjemur pakaian tak harus selalu terkena sinar matahari langsung. Bisa juga dengan cara diangin-anginkan saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat pakaian menjadi kering.

Akan tetapi, untuk jenis-jenis pakaian yang berat atau berbahan tebal dan menyerap banyak air, menjemur di bawah sinar matahari akan membuatnya menjadi cepat kering dengan sempurna.

4. Jangan menjemur pakaian terlalu lama. Rentang waktu antara 3-5 jam sebenarnya sudah cukup asalkan pakaian tersebut sudah kering secara merata. Bila sudah cukup kering, segeralah angkat dari tiang jemuran.

Jangan biarkan pakaian terjemur selama berjam-jam, apalagi dibawah sinar matahari yang terik. Dengan begitu kualitas pakaian Anda akan tetap terjaga, tidak pudar ataupun menipis.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *