Pasang

5 Cara agar Tubuh Tetap Hangat di Musim Hujan

  • Bagikan
Musim hujan telah tiba, terlihat seorang wanita tetap menjaga tubuhnya agar tidak kedinginan
Musim hujan telah tiba, terlihat seorang wanita tetap menjaga tubuhnya agar tidak kedinginan (Foto: KlikDokter)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Musim penghujan telah tiba di Indonesia sehingga cuaca yang sebelumnya panas berubah menjadi dingin.

Dengan demikian agar tubuh kita tetap sehat menghadapi musim hujan, tentu kita harus menjaga suhu tubuh supaya tetap hangat karena udara dingin akan memudahkan terkena penyakit.

Pasang

Dari beberapa alasan tubuh yang mudah sakit saat musim hujan, salah satunya disebabkan karena perubahan suhu yang ekstrem sehingga virus dapat menular dengan cepat.

Untuk menghindari hal semacam itu, maka kita harus tahu bagaimana cara menghangatkan tubuh yang kedinginan di saat musim hujan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara yang perlu kita lakukan agar tubuh tetap hangat dan sehat saat musim hujan, antara lain:

1. Penuhi kebutuhan zat besi dan vitamin B12
Penyakit anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah terlalu kecil dan tidak bisa mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga membuat kita merasa kedinginan.

Selain itu, anemia juga bisa terjadi karena kita tidak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, oleh karena itu kita harus konsumsi daging ayam, telur dan ikan.

Sementara itu, dapatkan kandungan zat besi dengan mengonsumsi makanan laut, buncis, dan sayuran berdaun hijau.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Musim Hujan

2. Penuhi kebutuhan kalori
Tubuh kita membutuhkan bahan bakar agar suhunya tetap terjaga, terutama ketika udara di luar sedang dingin atau hujan.

Konsumsi setidaknya satu makanan hangat dalam sehari, selain itu, cobalah makan berbagai macam buah dan sayur-sayuran.

3. Pilih pakaian yang tepat
Gunakan pakaian yang membuat tubuh kita tetap terjaga kehangatannya, seperti berjenis flanel karena hal itu akan membuat kita tetap nyaman. Apabila tetap kedinginan, coba pakai celana panjang dan penutup kepala untuk tidur.

4. Memakai pakaian berlapis
Jika kita hendak akan keluar rumah saat musim hujan, cobalah untuk memakai pakaian berlapis, seperti pakaian dalam yang menyerap kelembapan. Lalu, tambahkan kaus tebal atau sweater dan kenakanlah jaket sebagai pakaian luar.

5. Pakai kaos kaki, terutama saat tidur
Kaki yang hangat juga dapat memberi sinyal ke otak kita, sebab nanyak orang tidak bisa tidur karena kakinya merasa kedinginan.

Jadi, salah satu cara sederhana adalah menghangatkan tubuh saat musim hunan yaitu dengan memakai kaos kaki, kita juga mengenakan kaos kaki saat berada di luar rumah.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *