5 Cara Ampuh Cegah Nyamuk Mendekat Tanpa Obat Nyamuk

5 Cara Ampuh Cegah Nyamuk Mendekat Tanpa Obat Nyamuk
Foto Ilustrasi (Istimewa)

TIPS, SINERGI MADURA - Kecil memang tubuhnya, tapi mahluk mungil pengganggu orang tidur ini kadang mampu membunuh manusia dengan gigitannya.

Saat kita sedang letih dan harus rebah di atas kasur, tanpa diundang, hewan dengan indra pencium yang sangat peka itu pasti kan datang mengintai. Perlahan-lahan mendekat, berseliweran di sekitar area daun telinga, memastikan keadaan: Apakah kita melihatnya atau malah abai?

Nah, di saat kita sudah tidak awas dengan keberadaannya, maka dia pun akan berkata: "Saatnya beraksi!". Itulah kesempatan baginya untuk leluasa menggigit bagian-bagian dari tubuh yang terbuka, menghisap darah kita.

Sebentar lagi musim hujan akan tiba. Hewan bersayap dan bersisik itu akan leluasa beranak-pinak di air-air menggenang. Obat nyamuk di toko-toko terdekat akan laris dibeli setiap keluarga. Sedia bila malam tiba, agar mereka, kekasih, dan anak-anak mereka dapat istirahat dengan nyenyak; aman dari gangguan hewan langsing berkaki enam itu!

Namun, acapkali sebagian kita lupa mempersiapkan diri dari kedatangan si usil mungil itu. Toko-toko sudah pada tutup. Tetangga yang sedia obat pengusir nyamuk sudah pada tidur. Nah, ketika Anda mengalami hal seperti ini, Anda tidak perlu gusar apalagi harus menghidupkan motor tengah malam demi mencari toko yang masih buka.

Anda boleh mencoba 5 trik berikut. Sebab, mereka sangat tidak suka dengan 5 keadaan ini. Dijamin, Anda akan lekas nyenyak dan bebas dari hisapan sungut serangga itu!

1. Kipas

Nyamuk tidak dapat terbang dengan sangat baik di ruang yang berangin. Bahkan, kondisi angin sepoi-sepoi pun sudah terlalu berat bagi mereka.

Nah, Anda dapat memanfaatkan kelemahan ini untuk melawan mereka. Cukup nyalakan kipas angin. Coba arahkan kipas angin sedikit ke bawah karena biasanya nyamuk terbang sedikit lebih rendah untuk menghindari hembusan angin.

2. Pakaian ringan

Serangga penghisap darah ini paling sering menyerang ketika matahari terbit atau terbenam. Mereka akan mencari warna yang kontras dengan horizon, seperti hitam dan warna gelap lainnya.

Jika Anda mengenakan warna-warna terang, Anda akan kurang terlihat oleh mereka dan karenanya mereka pun akan kurang berselera untuk mendekat. Pakaian putih mungkin tidak berguna untuk saus barbekyu dan daging yang diasinkan, tapi itu pasti trik yang bagus jika Anda tidak ingin digigit nyamuk.

3. Lavender

Mayoritas hewan jenis serangga benci akan aroma lavender. Jadi, jika Anda menanam beberapa tanaman lavender di kebun Anda, mereka akan lebih jarang berkunjung ke rumah Anda.

Selain menanamnya, antisipasi kedatangan nyamuk yang bandel, Anda juga bisa mengoleskan lavender langsung pada kulit Anda dengan menggunakan minyak esensial. Tips ini sangat baik untuk Anda ketika hendak pergi tidur. Sebab, aroma lavender dapat membuat orang rileks. Jadi, suara Zzzzzz bukan lagi keluar dari mulut nyamuk, melainkan dari mulut Anda!

4. Bawang putih

Aroma bawang putih memang sedikit agak menyengat saat didekatkan ke hidung  kita. Tapi jika kita mau mencobanya; makan banyak bawang putih, maka efeknya adalah akan menyebabkan pori-pori Anda mengeluarkan bau bawang putih. Tubuh Anda barangkali akan lebih sedikit berbau tidak seperti manusia; bau darah, tapi dijamin nyamuk tidak akan lagi tergoda untuk mendatangi Anda.

5. Cengkeh

Selain lavender, nyamuk juga membenci aroma cengkeh. Caranya, Anda bisa mengisi mangkuk dengan air dan menambahkan beberapa siung cengkeh ke dalamnya. Letakkan di atas setiap meja rumah Anda, para pengacau jahat itu dijamin akan menjauh dan Anda pun aman dari serangan mereka!

Tips Tambahan

Agar nyamuk tidak lagi suka berkeliaran di sekitar rumah Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki air yang tergenang di sekitar rumah Anda. Di sinilah nyamuk bertelur!

Ganti mangkuk air untuk hewan peliharaan setiap hari dan bersihkan dengan benar. Jangan terlalu serinh menyiram tanaman. Cukup siram taman atau halaman Anda di pagi hari. 

Nyamuk menyukai kelembaban. Jadi, semakin kering sekitar rumah Anda, semakin pula sedikit nyamuk ada. Akan tetapi, pertimbangkanlah hemat air untuk musim panas. Sebab jika tidak, semua hari Anda akan kering.

Anda juga dapat menggunakan kelambu di sekitar tempat tidur Anda. Selain itu, tentu saja, semprotan pengusir nyamuk dan lilin sereh tua juga dapat membantu Anda terhindar dari serangga penghisap darah! (md/fd)


Sumber: www.tips-and-tricks.co