Pasang

5 Cara Menjadi Orang Tua yang Baik bagi Pertumbuhan Anak

  • Bagikan
Pentingnya waktu bersama keluarga
Pentingnya waktu bersama keluarga (Foto: Alodokter)

LIFESTYLE, SINERI MADURA – Orang tua merupakan orang yang telah melahirkan dan membesarkan kita, sehingga wajib kita cintai, sayangi dan banggakan.

Perlu kita sadari bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai orang tua dalam mendidik dan merawat anak-anaknya sangatlah berat.

Pasang

Karena tugas orang tua di dalam keluarga itu tak semudah apa yang kita bayangkan, untuk itu menjadi orang tua sangat perlu kematangan mental.

Tentunnya, kita harus mempersiapkan diri agar bisa menjadi pribadi orang tua yang lebih baik dan dapat menjadi sosok cerminan di mata anak-anaknya.

Lalu bagaimana cara untuk menjadi orang tua yang baik, agar anak-anaknya bisa menjadi seperti apa yang diharapkan?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menjadi orang tua yang baik, antara lain:

1. Lakukan hal yang membuat bahagia
Perasaan, pikiran, dan perilaku kita semuanya saling berhubungan, artinya beraktivitas yang sehat dapat mengubah emosi dan pikiran menjadi sehat.

Maka, lakukanlah aktivitas seperti  jalan-jalan bersama anaknya hingga membuat rileks, bisa juga melakukan segala hal yang kita inginkan agar anak merasa lebih bahagia karena dapat mengarah pada perilaku yang lebih baik.

Baca juga: Bunda, Ajarkan Anak 5 Kebiasaan Baik sebelum Tidur

2. Membatasi pemakaian media sosial
Kadang dengan adanya sosial media dapat merusak pikiran anak bahkan dapat meracuni pikiran alam bawah sadarnya, sebab sudah terbiasa melihat postingan media yang tidak layak diakses dan dikonsumsi otak.

Tentunya kita sebagai orang tua harus membatasi, memfilter sosial media, karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk media sosial hanya membuang-buang waktu saja.

3. Pentingnya waktu untuk bersama keluarga dan anak
Buatlah rencana untuk membiasakan atau meluangkan waktu bersama keluarga dan anak walaupun hanya sekitar 1 jam, sebagai upaya menikmati kebersamaan sambil lalu memberikan pengarahan dan pengertian.

4. Mengatur tidur anak
Mengatur tidur anak adalah sebagain tugas orang tua, karena orang tua yang baik selalu peduli terhadap kondisi kesehatan seorang anak, sehingga anak bisa tumbuh dengan baik.

5. Mengerti kebutuhan anak tapi jangan berlebihan
Menjadi orang tua yang baik yaitu harus mengerti apa yang dbutuhkan anak, namun hal itu harus sesuai dengan keperluannya untuk menghindari dari sifat manja.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *