Pasang

5 Cara Sehat Masak Mie Instan, Penuhi Kebutuhan Tubuh

  • Bagikan
5 Cara Sehat Masak Mie Instan, Penuhi Kebutuhan Tubuh
Ilustasi sajian mie instan (Dok. Sinergi Madura)

TIPS, SINERGI MADURAMie instan memang menjadi sajian favorit hampir sebagian besar orang. Selain karena harga yang murah dan mudah untuk dimasak, makanan ini juga menggugah selera serta enak dinikmati kala waktu rehat.

Apalagi di kala lapar tengah malam, hujan turun, hingga saat bersantai menonton film di rumah. Mie instan menjadi salah satu makanan banyak dicari untuk mengganjal perut kosong.

Pasang

Hanya saja, bayang-bayang mie instan sebagai makanan tidak sehat seperti yang ramai diberitakan di situs-situs dan medsos, tak jarang hal itu membuat kita ragu untuk menikmatinya.

Lantas, bagaimana agar tetap bisa menikmati mie instan yang sehat dan gizinya dapat terserap seutuhnya di dalam tubuh?

Menurut Dokter spesialis gizi, Inge Permadhi, mie instan pada dasarnya merupakan karbohidrat. Makanan ini hampir sebagian terbuat dari tepung.

Kandungan karbohidrat pada mei instan sebenarnya bukan hal yang buruk untuk dikonsumsi manusia. Karena itu, perlu ada tambahan gizi lain agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi.

Berikut ini adalah cara memasak mei instan agar lebih sehat menurut anjuran para ahli gizi, dilansir Sinergi Madura dari beberapa sumber.

Baca Juga: Tak Banyak Tahu, Belimbing Wuluh Ternyata Bisa Obati Beragam Penyakit

1. Tambah Sayuran

Mie instan memiliki banyak karbohidrat jenis simpleks. Karbohidrat ini sangat mudah diserap tubuh dan akan cepat meningkatkan gula darah.

Namun demikian, Anda tidak perlu waswas untuk menyantapnya. Kebutuhan gizi lain untuk menopang minimnya kandungan pada mie instan, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan sayuran segar seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli dan sayur-sayuran lainnya.

2. Lengkapi dengan Protein

Saat memasak mei instan, dianjurkan untuk menambahkan putih telur tanpa kuningnya atau dada ayam, agar mie yang dikonsumsi lebih bergizi untuk tubuh.

Jika Anda sedang berhalangan untuk mengonsumsi protein hewani, Anda dapat menambahkan tahu sebagai protein nabati lain untuk memeriahkan menu sajian. Dengan demikian, kelezatan berikut gizi dalam mie yang kita olah menjadi cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Baca Juga: Bahaya Rokok bagi Organ Tubuh, Nomor 5 Paling Ngeri

3. Kurangi Bumbu

Saat memasak mie instan sebaiknya kurangi takaran bumbu yang disediakan dalam kemasan mei tersebut. Dengan demikian, kandungan garam yang bisa diserap oleh tubuh dapat berkurang.

4. Ganti Air Rebusan

Mengganti air rebusan mie yang telah dimasak dengan air yang baru saat akan dikonsumsi jauh lebih sehat. Sebab akan mengurangi larutan karbohidrat dari mi yang telah direbus dalam air tersebut.

5. Masak dengan Air Mendidih

Tak sedikit orang yang memasak mie instan hanya dengan menyeduhnya menggunakan air panas. Ini memang tidak dilarang, hanya saja lebih baik Anda memasak mie dengan air mendidih sesuai dengan tata cara memasak mie yang tercantum dalam bungkusnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *