Pasang

5 Jajanan Khas Madura, Cocok Jadi Oleh-oleh, Nomor 4 Paling Banyak Diminati

  • Bagikan
5 Jajanan Khas Madura, Cocok Jadi Oleh-oleh, Nomor 4 Paling Banyak Diminati
Tangkapan layar Jajanan Jubada (YouTube: Mamira.id)

KULINER, SINERGI MADURA – Berkunjung ke Pulau Madura rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi jajanan khasnya.

Pulau Madura memiliki beragam pesona destinasi wisata yang tak kalah menarik dari daerah-daerah lain untuk dijunjungi. Seperti pantai, bebukitan, tempat bersejarah dan lain sebagainya.

Pasang

Selain memiliki tempat wisata, Madura juga punya wisata kuliner khas yang tidak hanya berupa makanan berat. Namun, aneka makanan ringan khas pun banyak ditemukan di setiap sudut kota berjuluk Pulau Garam ini.

Cita rasa jajanan Madura memiliki khas tersendiri, tentu sangat menarik dan enak. Camilan-camilan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat kebetulan Anda berkunjung ke Madura.

Berikut jajanan khas pulau garam yang berhasil Sinergi Madura rangkum dari berbagai sumber, Minggu (09/10/2021).

1. Otok

Otok adalah bahasa Madura (oto’) yang berarti kacang. Kacang otok merupakan jajanan khas Madura yang sangat familiar di kalangan masyarakat Jawa dan sekitarnya.

Jajanan ini tidak jarang ditemui di tempat oleh-oleh di sepanjang jalan Pulau Madura.Cirinya, Kacang Otok sangat mirip dengan kacang panjang.

Kacang Otok juga7 tersedia dengan beragam kemasan, ada yang pedas, manis dan gurih.

Baca Juga: Cek! Ini 5 Makanan di Madura yang Bikin Nagih

2. Rengginang Lorjuk

Rengginang merupakan jajanan yang lumrah ditemui di berbagai daerah. Namun, rengginang lorjuk khas Madura akan banyak kita temukan di Prenduan, Sumenep.

Cita rasa keistimewaan Rengginang Lorjuk ini terdapat pada adonannya. Di atas rengginang bertabur lorjuk.

Lorjuk merupakan karang laut bercangkang yang panjangnya kurang lebih 3 cm. Kerang ini hanya dapat ditenukan di Pulau Madura. Menurut sejumlah ahli gizi, lorjuk memiliki cita rasa gurih dan juga tinggi protein.

Bentuk khas rengginang lorjuk menyerupai mangkok. Namun, ada juga rengginang lorjuk yang tersedia dalam bentuk persegi empat dan segitiga.

Di pasar-pasar tradisional di Madura, khususnya di Prenduan dan Kapedi, Sumenep, Sinergi Lovers dapat memilih apakah ingin membeli yang matang, atau mentahnya digoreng sendiri.

3. Kripik Tette

Kripik Tette adalah olahan yang ditumbuk pipik. Untuknya mengeraskan bahan yang telah ditumbuk tersebut biasanya dijemur sekitar 4-5 jam.

Kripik dari bahan singkong ini biasanya banyak ditemui di daerah Pamekasan, Madura.

Menurut penuturan sesepuh Madura, Kripik Tette ini sudah menjadi jajanan tradisional di Pulau Garam secara turun temurun.

Setiap berkunjung ke rumah orang Madura, hampir tidak ada yang tak menyediakan suguhan Kripik Tette, terutama setelah musim panen singkong.

Baca Juga: Resep Membuat Martabak Mini Bihun Khas Madura

4. Bolu Jubada

Jubada atau juga dikenal bolu jubada merupakan jajanan khas Madura yang melegenda. Jajan berbentuk bulat terpotong-potong ini berasal dari Kabupaten Sumenep.

Bolu Jubada terbuat dari bahan nira yang dalam bahasa Madura disebut la’ang (lahang), tapioka, tepung jagung dan gula pasir.

Bahan-bahan tersebut dimasak hingga mengental. Setelah kental dan cukup matang lalu dibentuk gulungan panjang yang dipotong-potong seukuran 2-3 cm dan dijemur setengah kering.

Sebelum diikat-ikat kecil menggunakan irisian daun siwalan, Bolu Jubada harus dikukus terlebih dahulu.

Setelah agak mengering, Jubada diikat per 3 gulungan. Bagi sebagian orang, rasa Bolu Jubada hampir mirip dengan dodol jawa. Bedanya hanya karena rasanya yang lebih khas, tidak lengket di mulut.

5. Kacang Mete

Kacang Mete merupakan kacang yang diambil dari buah jambu mete atau disebut juga jambu monyet.

Jajanan Jambu Mete khas Sumenep ini memiliki cita rasa yang sangat gurih. Anda yang datang ke Sumenep bisa menikmatinya dengan bermacam penyajian. Biasanya ada yang digoreng dan juga dipanggang.

Kacang Mete ini dijual dalam jumlah terbatas, karena bahan yang didapat juga terbatas. Jadi, Anda harus sedikit berlomba untuk bisa mencicipi rasa gurihnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *