Pasang

5 Keutamaan Surat Al Baqarah, Doanya Cepat Dikabulkan

  • Bagikan
Surat Al Baqarah
Keutamaan surat Al Baqarah. (Foto: akurat.co)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Al Baqarah merupakan surat kedua di dalam Al Quran Setelah surat pembuka yakni Al Fatihah. Surat Al Baqarah memiliki arti lembu betina.

Keistimewaan surat Al Baqarah ini disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Imam Tirmidzi, seperti diceritakan Abu Hurairah yang berbunyi, ” Rasulullah SAW mengatakan segala sesuatu di dunia memiliki puncak. Dalam Al Quran puncaknya adalah surat Al-Baqarah. Di dalam Al Baqarah ada ayat yang merupakan tuan dari ayat yang lain yaitu Ayat Kursi.” (HR Tirmidzi).

Pasang

Berikut adalah 5 keutamaan Surat Al Baqarah, sebagaimana dikutip Sinergi Madura dari Sinergi Jatim.

Baca Juga: 5 Keutamaan Surat Al Falaq, Terhindar dari Kejahatan

1. Dilindungi dari setan

Keutamaan surat Al Baqarah yang pertama yakni dilindungi dari godaan setan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW dikatakan, ”Sesungguhnya Allah SWT menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya.” (HR Tirmidzi).

Baca Juga: Peraturan Terbaru Naik Pesawat Terbang, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

2. Diberi kecukupan

Keutamaan surat Al Baqarah berikutnya yakni diberi kecukupan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang dinarasikan dari Abu Mas’ud, muslim yang rutin membaca Al Baqarah tidak perlu khawatir. Allah SWT akan memberi kecukupan baginya tanda ada yang terlewat.

Hadist tersebut berbunyi, “siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al Baqarah pada malam hari, maka itu akan mencukupinya.” (HR Ibnu Majah).

3. Selalu dalam perlindungan Allah SWT

Sebagai umat Muslim kita diingatkan oleh Rasulullah SAW bahwa akan selalu dalam perlindungan Allah SWT, jika tak lupa membaca Ayat Kursi dalam surat Al Baqarah.

Perlindungan tersebut akan makin tepat jika juga membaca surat Al-Mu’min ayat 1-3.

Dalam hadist Rasulullah SAW mengatakan, ” siapa saja yang membaca surat Al-Mu’min 1-3 dan Ayat Kursi ketika dia bangun pagi maka dia akan dilindungi hingga sore. Dan siapa saja yang membacanya saat sore hari maka dia dilindungi hingga pagi hari.” (HR Tirmidzi).

4. Masuk surga

Keutamaan surat Al Baqarah dan Ayat Kursi lainnya adalah peluang seorang muslim masuk surga. Hadist yang diriwayatkan An-Nasai ini terdapat dalam kitab Bulugh Al Maram.

Dalam hadist tersebut Rasulullah SAW berkata, ” siapa saja yang membaca Ayat Kursi di akhir tiap ibadah wajib maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.”

5. Permohonannya dikabulkan Allah SWT

Dalam hadits yang dinarasikan Al-Qasim menjelaskan, permohonan seorang muslim berpeluang dikabulkan Allah SWT dengan membaca surat Al Baqarah. Peluang juga ada jika muslim membaca surat Ali Imran dan Thaha.

Hadist tersebut berbunyi, nama Allah SWT yang terbaik yang jika dengan sebutan tersebut maka Dia akan menjawab ada dalam tiga surat yaitu surat Al Baqarah, Ali Imran, dan Thaha.” (HR Ibnu Majah).

Itulah pembahasan mengenai lima keutamaan surat Al Baqarah. Semoga bermanfaat bagi Sinergi Lovers.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *