Pasang

5 Keutamaan Surat Ar Rahman, Pengingat untuk Tidak Kufur Nikmat

  • Bagikan
Surat Ar Rahman
Ilustrasi surat Ar Rahman. (Foto: dream.co.id)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Surat Ar Rahman termasuk dalam surat Al Makkiyah, yaitu surat yang diturunkan di Mekah. Surat ini memiliki 78 ayat dan berada dalam urutan ke 55.

Kata Ar Rahman sendiri merupakan salah satu nama Allah SWT yang berarti ‘Maha Pemberi nikmat dunia akhirat’.

Pasang

Berikut adalah 5 keutamaan surat Ar Rahman yang wajib Anda ketahui sebelum membacanya, dikutip dari Sinergi Jatim.

1. Memperbanyak Memuji Allah SWT

Kata Ar Rahman ini termasuk dalam pujian dan nama-nama baik Allah SWT. Terlebih jika membaca Ar Rahman dengan sepenuh hati sambil berserah diri kepada Allah SWT, betapa banyaknya keutamaan yang akan didapatkan.

Baca Juga: Penderita Hipertensi Harus Jaga Ini Saat Berolahraga

Sang Pencipta tidak pernah lupa memenuhi kebutuhan setiap makhluknya. Meski terkadang Makhluk sering ingkar dan lupa, namun Allah SWT tetap memberikannya rezeki untuk bisa hidup.

Dalam memberikan rizki kepada makhluknya pun, Allah SWT tidak pernah membeda-bedakan.

2. Pengingat Agar Tidak Kufur Nikmat

Dengan membaca dan memahami surat Ar Rahman dengan sepenuh hati, diharapkan orang tersebut tidak akan lagi mengkufuri nikmat dan selalu bersyukur.

Hal tersebut, karena kehidupan ini ada berkat izin Allah SWT, bahkan manusia hanyalah salah satu dari banyaknya ciptaan Allah SWT yang luar biasa.

Rasa syukur ini bisa dilakukan dengan beribadah dengan khusyuk, berpuasa, zakat dan ibadah-ibadah lainnya yang Diperhatikan-Nya dengan sebaik-baiknya akhlak dan juga menjauhi segala larangan-Nya.

3. Pengingat Ada Makhluk Lain yang Juga Beribadah pada Allah SWT

Makhluk yang dimaksud yakni jin, karena ia juga mengakui nabi Muhammad sebagai Rasul.

Selain itu, surat Ar Rahman ini mengingatkan bahwa ciptaan Allah SWT tidak hanya terbatas pada sesuatu yang tampak.

Keberadaan Jin dan alam-alam yang tidak tampak pun telah diciptakan-Nya dalam penciptaan yang sempurna.

Bahkan menurut sebuah hadits, Jabir berkata: Nabi Muhammad keluar menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan kepada mereka surah Ar Rahman dari awal hingga akhir, dan mereka semua terdiam.

Beliau berkata: “aku telah membacakannya kepada Jin pada malam berkumpulnya mereka, dan mereka meresponsnya dengan jawaban yang lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma tukadziban, mereka berkata kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi Mu segala Puji.” (HR Tirmidzi)

4. Pengingat Sifat Dasar Manusia Itu Pelupa

Ayat ‘fabiayyi aalaa’i Robbikuma tukadziban’ yang berulang-ulang bertujuan untuk mengingatkan bahwa manusia adalah makhluk yang pelupa.

Tak hanya itu, ayat tersebut merupakan kalimat tanya yang menuntut jawaban manusia ketika membacanya. Besar kecilnya rezeki juga menjadi ujian bagi manusia. Apabila mendapatkan rezeki yang besar, manusia harus pandai bersyukur dan tidak menyombongkannya.

5. Meninggalnya Seperti Mati Syahid

Keutamaan surat Ar Rahman berikutnya dapat dirasakan, terutama jika selalu dibaca pada siang dan malam.

Hal ini dijelaskan dalam Tsawabul A’mal, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan:

‘Tidak ada satupun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan’. Maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (HR Imam Ja’far)

Itulah pembahasan mengenai beberapa keutamaan surat Ar Rahman. Semoga bermanfaat bagi Sinergi Lovers.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *