Pasang

5 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil, Dapat Mencegah Anemia dan Bayi Terlahir Cacat

  • Bagikan
Makanan Jagung
Makanan jagung. (Foto: pixabay.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Jagung merupakan makanan mengandung beragam nutrisi tinggi dan vitamin yang sangat baik untuk dikonsumsi, terutama bagi para ibu hamil.

Di antara kandungan gizi dalam jagung, yaitu vitamin B, vitamin E, vitamin K, serta beragam antioksidan yang meliputi antosianin, lutein, dan zeaxanthin.

Pasang

Oleh karena itu, jagung sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu maupun perkembangan janin. Sebab, setiap ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan bernutrisi selama masa kehamilan.

Dikutip dari Sinergi Jatim, berikut 5 manfaat jagung yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Susah Melupakan Masa Lalu, Nomor 4 Sangat Parah

1. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin

Selain beberapa nutrisi di atas, jagung juga mengandung protein yang bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Selama masa kehamilan, protein berperan penting dalam penyusunan sel-sel dan jaringan tubuh janin.

Apabila asupan protein tercukupi, janin akan tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal di dalam rahim serta mencegah janin terlahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

Baca Juga: Tips Membersihkan Mr P dengan 4 Langkah Praktis

Tak hanya itu, protein juga dibutuhkan dalam perkembangan payudara dan jaringan rahim, serta meningkatkan aliran darah selama masa kehamilan.

2. Mencegah anemia dan bayi terlahir cacat

Kandungan vitamin B9 (folat) dan zat besi pada jagung berperan dalam produksi sel darah merah, sehingga baik untuk mendukung perkembangan janin serta mencegah anemia pada ibu hamil.

Di sisi lain, kandungan folat pada jagung juga dapat mencegah bayi terlahir cacat, misalnya cacat tabung saraf, bibir sumbing, hingga kelainan jantung.

Dengan demikian, tak salah bila jagung sering disarankan untuk menjadi salah satu pilihan makanan sehat bagi ibu hamil muda.

3. Mengatasi kram kaki saat hamil

Manfaat jagung untuk ibu hamil berikutnya yakni dapat mengatasi kram kaki. Kram ini terjadi karena kemungkinan tubuh ibu hamil kekurangan asupan kalium.

Jagung mengandung kalium yang berperan penting dalam mengendalikan kontraksi otot, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, menghantarkan sinyal saraf, serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

4. Mengatasi morning sickness

Jagung juga mengandung banyak vitamin B kompleks dan folat yang diperlukan selama masa kehamilan.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, dapat mencegah dan meringankan gejala morning sickness yang sering dialami oleh ibu hamil.

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam jagung juga dapat mencegah ibu hamil dari sembelit, salah satu keluhan yang kerap terjadi selama kehamilan.

Selain itu, setiap ibu hamil juga dianjurkan untuk lebih banyak minum air putih agar kesehatan pencernaan tetap terjaga.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *