Pasang

5 Rekomendasi Nasi Madura Paling Enak di Surabaya untuk Makan Siang

  • Bagikan
5 Rekomendasi Nasi Madura Paling Enak di Surabaya untuk Makan Siang
Nasi babat khas Madura. (Foto: PergiKuliner.com)

KULINER, SINERGI MADURA – Surabaya adalah kota besar yang paling dekat dengan Madura, makanya tak heran jika banyak pedagang berasal dari Pulau Garam berjualan di Kota Pahlawan tersebut.

Rerata yang akan dibahas kali ini adalah masakan nasi campur Madura yang banyak ditemukan atau dijual di warung-warung pinggiran Kota Surabaya, dan memiliki banyak pelanggan dari berbagai daerah.

Pasang

Nasi campur Madura merupakan nama hidangan berupa nasi dengan lauk babat goreng, atau usus sapi goreng, paru goreng, bebek goreng, cumi hitam atau ikan goreng yang diberi campuran khas serundeng kelapa, sehingga rasanya nikmat membuat ketagihan.

Nasi Madura ini juga dikenal dengan nama nasi buk Madura karena penjualnya adalah ibu-ibu berasal dari pulau garam Madura, yang piawai mengolah babat dan bahan jeroan lainnya menjadi hidangan khas yang enak disantap dengan nasi dan sambal.

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mencoba mencicipi masakan nasi khas Madura yang paling enak di Surabaya. Masakan ini sangat cocok untuk makan siang.

1. Nasi Madura Suramadu

Lokasi warung nasi Madura Suramadu dekat dengan jembatan Suramadu. Alamat lengkapnya adalah di jalan Demak 304, Surabaya, dan jalan Kalibutuh No 6 Surabaya.

Di warung tersebut terdapat banyak pilihan lauknya, yakni mulai dari cumi hitam, babat, paru, daging, serta ikan tongkol juga ada.

Adapun harganya juga sangat terjangkau, yaitu di kisaran lima belas ribu rupiah hingga dua puluh lima ribu rupiah per porsi, sesuai banyaknya lauk yang diambil.

Jam buka warung Nasi Campur Suramadu itu mulai dari pukul 07.00 WIB pagi hingga pukul 17.00 sore. Namun, untuk hari Minggu biasanya tutup.

Baca Juga: Kue Apem, Jajanan Khas Madura yang Cocok Jadi Sarapan Pagi

2. Nasi Madura Ngagel Jaya

Ngagel Jaya merupakan sebutan populernya dari warung nasi Madura itu. Jam buka warung ini hanya pada malam hari. Tempat makan nasi khas madura ini semacam warung tenda di emperan toko.

Lokasinya terletak di seberang Gereja Kristen Jawi Wetan. Tenda warung menggunakan spanduk warna kuning yang mencolok.

Biasanya makanan Madura di Ngagel Jaya ini menggunakan nasi jagung, degan sambal yang sangat pedas bikin nampol lidah.

Pada sekitar pukul 9 malam, babat di warung Ngagel Jaya biasanya sudah mau habis. Untuk itu, jika ingin berkunjung jangan terlalu malam.

3. Nasi Madura Cak Yasin

Nasi Madura Cak Yasin ini terkenal dengan nasi babat Cak Yasin. Lokasinya berada di Jalan Raya Dukuh Kupang, dari arah Carrefour atau Islamic Center terus maju ke arah Jalan Jarak, lalu warung tendanya ada di kiri jalan.

Tepatnya, yaitu di jalan Raya Dukuh Kupang No.30, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya.

Warung Cak Yasin buka mulai sore hari hingga tengah malam. Masakan khas Babat Cak Yasin ini adalah sambelnya yang sangat pedas jadi meskipun hanya sedikit tetapi rasanya sudah sangat nampol.

Baca Juga: Masakan Campor Khas Sumenep Madura Bikin Ngiler

4. Nasi Madura Dukuh Kupang Barat

Jam buka warung nasi Madura dukuh Kupang Barat ini mulai dari jam 6 pagi, dan biasanya pada jam 10 pagi warung ini sudah tutup lantaran stok sudah habis.

Yang menjadi spesial masakan Madura ini adalah lauk babatnya diolah menjadi super empuk dan disajikan dengan dilengkapi serundeng yang gurih, membuat makin nikmat rasanya.

Harganya juga sangat terjangkau, yakni untuk satu porsinya kisaran lima belas ribu rupiah saja. Lokasi tepatnya warung tersebut adalah di jalan Dukuh Kupang Barat, di halaman sekolah Gosyen.

5. Nasi Madura Pegirian

Berkebalikan dengan nasi Madura Dukuh Kupang yang hanya buka pada pagi hari, maka nasi Madura ini bukanya justru pada malam hari, yakni mulai jam 5 sore hingga tengah malam.

Lokasi tepatnya adalah di depan Pasar Pegirian di ujung Jalan Nyamplungan, kawasan wisata religi Sunan Ampel. Tidak susah untuk mencari warung tenda ini karena sangat ramai pembeli.

Selain lauk babat, tempat ini juga menyediakan lauk tambahan yakni seperti peyek udang, belut goreng, tongkol, cumi, dan sebagainya, warung ini cukup lengkap dan bervariatif serta harganya juga cukup murah.

Bumbunya juga terasa. Adapun nasinya adalah berupa nasi putih yang dicampur dengan butiran-butiran jagung, sehingga menjadikan khas nasi Madura ini semakin enak disantap, baik sendirian maupun bersama keluarga.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *