5 Spot Foto Bukit dan Pantai di Bangkalan yang Wah, Instagramable!

5 Spot Foto Bukit dan Pantai di Bangkalan yang Wah, Instagramable!
Wisata bangkalan (Foto: Istimewa)

BANGKALANSINERGI MADURA - Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu dari empat kabupaten yang ada di Pulau Madura. Terdiri dari 18 wilayah kecamatan dengan 273 desa dan 8 kelurahan. Kabupaten ini masuk dalam kawasan metropolitan Kota Surabaya dengan pusat pemerintahan yang terletak di Kecamatan Bangkalan.

Sejak Jembatan Suramadu diresmikan, Bangkalan menjadi gerbang utama Pulau Madura dengan berbagai objek wisata yang layak untuk dikunjungi, terutama bagi para selebgram dan pecinta alam. 

Berikut adalah 5 tempat wisata alam di Bangkalan yang sangat recommended untuk Anda kunjungi.

1. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih terbentuk karena penambangan batu kapur putih yang sekarang sedang menjadi salah satu tempat destinasi favorit di Bangkalan. 

Selain bukit kapur, di sana juga terdapat danau yang berwarna biru kehijauan, terletak pas di tengah hamparan bukit kapur putih. 

Di area danau disediakan penyewaan perahu bagi para pengunjung yang ingin mengelilingi danau. 

Tempat ini sering digunakan calon pengantin untuk foto pre wedding, karena tempatnya yang indah, luas dan memukau pandangan. Bagi para pencari spot foto, Bukit Jaddih dapat dijadikan tempat pilihan yang cocok. 

Tepatnya, lokasi ini terletak di Desa Jakan, Kelurahan Parseh, Kecamatan Socah,  Kabupaten Bangkalan. 

Dari pusat Kota Bangkalan, Bukit Jaddih berjarak sekitar 10 kilometer, atau sekira 28 kilometer dari Jembatan Suramadu.

2. Bukit Arosbaya

Bukit di Bangkalan rata-rata mengandung unsur kapur. Maka tak ayal, seperti halnya Bukit Jaddih, Bukit Arosbaya juga terbentuk dari pertambangan kapur yang berwarna merah kecoklatan.

Oleh warga setempat, pertambangan batu kapur ini biasa disebut dengan 'Bedel', karena arsitekturnya berbentuk bekas pahatan-pahatan yang beraturan. Sehingga saat berswafoto, kita seolah-olah sedang berada di sebuah ketinggian dengan nuansa pahatan-pahatan putih bebatuan.

Tak hanya itu, tinggi bukit yang menjulang menyerupai 'Grand Canyon' juga menjadi keistimewaan dan daya tarik tersendiri Bukit Arosbaya ini.

Berbeda dengan Bukit Jaddih, Bukit Arosbaya lebih terkenal dengan cuacanya yang adem dengan dinding-dinding bukit yang lembab dan berjejernya pepohonan nan hijau, sejuk di mata. Sehingga saat para wisatawan mengunjungi lokasi, dijamin akan merasakan kesejukan alami.

Lokasi bukit Arosbaya terletak di Desa Berukbuk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura.

3. Pantai Siring Kemuning

​​​

Salah satu pantai andalan pulau Madura yang memiliki keindahan pantai yang tidak kalah dengan yang lain. 

Wisata pantai Siring Kemuning sempat menjadi primadona wisata di Jawa Timur sekitar tahun 90-an, dan sempat mendapat julukan 'Kuta In Madura' karena panorama pantai ini yang mirip dengan Kuta Bali. 

Terletak di Macajah, Tanjungbumi,  Kabupaten Bangkalan. Selain keindahan pantai yang seolah tak berujung, pengunjung bisa mengeksplor spot foto yang ada di sekitar pantai ini dengan view yang menarik dan, wah!

4. Bukit Lampion Beramah

Sesuai dengan namanya, saat mengunjungi tempat ini, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya lampion warna-warni. Cocok sekali dengan para wisatawan yang sedang mencari spot foto dengan fasilitas gardu pandang dari sebuah ketinggian. 

Di Bukit Lampion Beramah terdapat gardu pandang serupa panggung yang terbuat dari kayu berbentuk hati, Love!

Lokasi Bukit Lampion Beramah terletak di Desa Tengginah, Kelurahan Daleman, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan.

5. Bukit Geger

Bukir Geger memiliki luas sekitar 44 Hektar. Sekitar area bukit ini merupakan kawasan hutan kayu Mahoni yang berada di bawah perlindungan negara.

Konon, dalam cerita sejarah pararaton Sumenep, di sinilah Pangeran Jokotole mendapat kuda terbang dan azimat selembar bunga bergetah dari pamannya, Adirasa. Dan, bunga itulah yang digunakannya untuk mendirikan pintu raksasa Kerajaan Majapahit kala itu, bantu tugas ayah angkatnya, Ki Empo Kelleng.

Untuk bisa sampai ke atas puncak bukit, para pengunjung harus melewati puluhan anak tangga yang sudah disediakan. Lokasi Bukit Geger terletak di Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan.
  
Tempat yang masih sangat natural dan sejuk ini sangat cocok untuk para wisatawan, terutama bagi kaum milenial yang sedang mencari spot foto dengan tema alam. (st/md/fd)


(*)