Pasang

5 Tanaman Ini Dipercaya Dapat Menangkal Santet Menurut Primbon Madura

  • Bagikan
5 Tanaman Ini Dipercaya Dapat Menangkal Santet Menurut Primbon Madura
Pohon johar (ig @elizabethsy)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA  – Bagi masyarakat di Pulau Madura, menanam pohon di area rumhanya merupakan salah satu kebiasaan mereka untuk memperindah halaman rumahnya.

Disamping itu, pohon yang ditanam bertujuan untuk membuat rumah tetap teduh sehingga adem dan nyaman dengan adanya tanaman tersebut.

Pasang

Bagi sebagain masyarakat Madura, terdapat kepercayaan yang mereka yakini bahwa ada tanaman yang mampu menangkal ilmu hitam untuk masuk ke rumah serta dapat mengusir gangguan mahkluk halus.

Namun, tanaman itu tidak semuanya bisa menjadi tanaman penangakal ilmu santet, sebab hanya ada tanaman tertentu yang bisa menangkal, sebagaimana yang dijelaskan dalam Primbon Madura.

Baca Juga: Inilah Arti Tahi Lalat di Wajah Menurut Primbon Madura

Berikut 5 tanaman yang ampuh menangkal ilmu santet menurut Primbon Madura, antara lain:

1. Pohon Kelor
Pohon ini termasuk tanaman penangkal santet, bisa kalian lihat masyarakat Madura banyak menanam pohon ini dipekarangan rumah.

2. Pohon Pule
Pohon ini dipercaya empunyai energi positif yang bisa menangkal ilmu hitam, selain itu daun dan pule dapat digunakan sebagai obat.

3. Pohon Johar
Pohon ini dipercaya sebagai penangkal santet, teluh dan guna-guna atau energi-energi negatif yang lain. Dan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat rematik dan lain sebagainya.

4. Tanaman Bangkle
Tanaman ini memiliki energi positif yang luar biasa, selain itu tanaman ini bisa digunakan sebagai tanaman obat.

5. Pohon Bidara
Tanaman ini di percaya oleh masyarkat Madura  sebagai tanaman penangkal santet, disamping itu daunnya sangat bagus untuk pengobatan berbagai penyakit.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *