Pasang

5 Tempat di Madura Ini Terkenal Angker

  • Bagikan
Ilustrasi tempat angker (Foto: Istimewa)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Masyarakat Madura dikenal memiliki tingkat kepercayaan mistis yang tinggi. Kepercayaan itu terus melekat meski perkembangan zaman sudah maju.

Dalam sebuah literatur disebutkan bahwa kepercayaan terhadap sesuatu yang bersifat mistis itu sering dikaitkan dengan tempat tertentu, seperti lahan kuburan, pohon besar yang berusia ratusan tahun hingga daerah pesisir pantai.

Pasang

Maka tak heran, jika Anda secara kebetulan punya sanak kerabat atau teman asli penduduk Madura, pasti sering mendengar istilah tempat angker atau yang akrab disebut ‘Berrit’.

Berikut 5 tempat yang dianggap angker oleh orang Madura:

1. Jembatan Suramadu

Jembatan penghubung antara pulau Jawa dan Madura ini sering dikaitkan dengan peristiwa supranatural sejak proses pengerjaan sampai selesai. Keanehan demi keanehan banyak dijumpai para pekerja, mulai dari suara aneh yang muncul tiba-tiba, sundel bolong hingga pesan dan bisikan gaib lain.

Bahkan dalam perkembangannya, apabila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan meninggal, jembatan ini disebut-sebut sedang meminta tumbal.

Baca Juga: Orang Madura Perlu Tahu, Inilah 5 Misteri Jembatan Suramadu

2. Mercusuar Sembilangan Bangkalan

Jika kalian melakukan perjalanan ke Madura, akan menjumpai Mercusuar Sembilangan yang letaknya di Desa Tanjung piring, Kecamatan Socah, Kebupaten Bangkalan.

Tempat ini termasuk peninggalan penjajahan Belanda, mitosnya tempat ini dikenal angker karena apabila ada seorang pengunjung yang masuk ke dalam maka akan terasa amat dingin.

Hal ini ditengarai karena keberadaan mahluk tak kasat mata yang muncul di sekitar pengunjung. Konon, di mata ahli spiritual, yang muncul itu adalah sosok penunggu mercusuar.

Selain itu, beredar rumor bahwa apabila ada sepasang kekasih berkunjung ke sana, maka tak lama kemudian hubungan mereka akan hancur (pisah).

3. Gunung Geger Bangkalan

Tempat ini sebenarnya berbentuk bukit tinggi. Letak geografisnya berada di Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan.

Di tempat ini terdapat 4 gua keramat yang sering dipakai oleh beberapa kalangan untuk meditasi atau bertapa.

Mereka percaya di tempat ini terdapat para penunggu yang bisa memberikan semacam pusaka seperi keris, minyak hingga ilmu pengasihan.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Unik Ini Hanya Ada di Madura

4. Hutan Kera Nepa Sampang

Hutan ini terletak di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Di dalam hutan ini, terdapat ribuan kera. Meski begitu, kera-kera tersebut jarang menampakkan diri sebelum juru kunci memanggil.

5. Mapolres Sampang
Ihwal tempat ini dikaitkan dengan peristiwa mistis lantaran sebelum dibangun tempat ini merupakan bekas area kuburan.

Dalam cerita yang bergulir di tengah masyarakat disebutkan bahwa di tempat ini sering muncul sesosok perempuan sedang menangis tengah malam. Selain itu, terdapat bunyi atau teriakan orang meminta tolong. Benarkah demikian?

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *