Pasang

6 Tips Melawan Ngantuk saat Beraktivitas

  • Bagikan
Mengalami ngantuk saat sedang bekerja
Mengalami ngantuk saat sedang bekerja (Foto: Alodokter)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Sering merasa mengantuk secara tiba-tiba di waktu yang tidak tepat, hingga hal itu membuat aktivitas kalian menjadi kacau.

Mengantuk merupakan hal yang wajar di alami oleh setiap orang, penyebabnya karena kekurangan tidur, kecapean dan lainnya.

Pasang

Maka tak heran jika kalian merasa ngantuk akan membuat pekerjaan terganggu bahkan bisa membuat konsentrasi pecah atau gagal fokus.

Nah, bagi kalian yang sering mengalami ngantuk saat sedang bekerja tapi ingin mencegahnya namun tak bisa, maka kalian tidak perlu khawatir karena masih ada solusinya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips melawan ngantuk yang mudah dan ampuh, antara lain:

1. Tetap aktif bergerak
Terkadang, melakukan kegiatan yang banyak diam seperti duduk dan menghadap laptop akan memancing kejenuhan, sehingga rasa ngantuk pun datang dengan tiba-tiba.

Maka cobalah untuk meluangkan waktu 5 sampai 10 menit untuk berjalan kaki sejenak. Kalian bisa pergi ke toilet, berjalan ke ruangan lain, atau berjalan ke luar untuk mengamati lingkungan sekitar.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Lelah saat Bekerja

2. Melenturkan otot dan mengatur pernapasan
Mengalihkan fokus sejenak dapat membantu menghilangkan kantuk kalian. Sehingga cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan melakukan aktivitas lain untuk sementara waktu.

Salah satu cara yang kalian lakukan dan bisa bermanfaat, yaitu melakukan stretching. Dengan begitu juga akan membantu menghilangkan pegal-pegal oleh otot yang kaku.

Selain itu kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Kalian dapat mencoba untuk mengatur pernapasan kembali.

Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut, lakukan ini hingga 10 kali.

3. Mengonsumsi air putih yang cukup
Dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi air putih yang cukup. Minum air putih juga dapat membantu meningkatkan fokus, sehingga suatu pekerjaan menjadi lebih totalitas.

4. Mendengarkan musik
Musik adalah media hiburan, serta bisa memberikan terapi pada pendengarnya. Cara ini sangat mudah dan menyenangkan untuk kalian ambil manfaatnya.

Di tengah-tengah kesibukan yang kalian lakukan, musik sangatlah efektif untuk mengisi kekosongan yang dapat mengakibatkan kantuk.

5. Minum-minuman berkafein dan ngemil sehat
Tentu kalian sudah tahu tentang manfaat minuman berkafein seperti kopi. Kafein memang dapat mengusir rasa kantuk.

Namun kalian tidak dianjurkan untuk mengonsumsi secara berlebihan. Karena minuman berkafein seperti kopi dapat memicu dehidrasi yang kemudian bisa menambah rasa lelah.

Selain mengkonsumsi minuman, camilan sehat juga bisa menghindarkan kalian dari mengantuk. Beberapa camilan sehat yaitu sebagai contoh berikut, biskuit dengan gandum utuh, kacang-kacangan, atau bisa juga buah.

6. Tidur sejenak
Tidak ada salahnya jika kalian memutuskan untuk tidur sejenak. Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, jangan lewatkan waktu untuk istirahat dengan tidur sejenak.

Maka coba luangkan waktu selama 10–20 menitpun sudah cukup, tanpa distraksi apa pun agar kalian dapat kembali lebih segar.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Tips Menangkal Ngantuk di Sela-Sela Kesibukan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *