Pasang

7 Cara Efektif Atasi Rasa Cemas yang Berlebihan

  • Bagikan
Terlihat cemas tanpa alasan yang jelas
Terlihat cemas tanpa alasan yang jelas (Foto: Alodokter)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Perasaan cemas merupakan hal yang wajar dan tentunya pernah di alami oleh setiap orang dalam keadaan tertentu.

Namun, apabila rasa cemas itu terjadi kepada kita secara terus-menerus dalam waktu yang cukup lama, maka hal itu perlu diperhatikan.

Pasang

Karena rasa cemas dalam waktu yang lama dan kerap mengganggu ketenangan kita, dapat berpotensi akan mengalami sebuah gangguan mental.

Jika kalian merasakan hal ini maka solusi dan tipsnya, akan di ulas di bawah ini ya!

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara efektif yang perlu dilakukam untuk menghilangkan rasa cemas secara terus-menerus atau berlebihan, antara lain:

1. Kuasai fikiran
Gelisah atau cemas tersebut biasa terjadi akibat fikiran yang sedang tidak baik-baik saja. Untuk mengatasinya, ketika kalian merasa gelisah secara tiba-tiba, sebaiknya jangan pernah membiarkan pikiran tersebut menguasai diri kalian.

Baca juga: 4 Tips Supaya Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi Covid-19

2. Hilangkan beban fikiran
Langkah selanjutnya yaitu, membuang fikiran yang tidak perlu. Karena ketika gelisah datang, seseorang akan sangat sulit untuk menemukan kedamaian pada diri sendiri.

3. Berdiam diri
Apabila kalian bingung karena cemas datang tidak disertai dengan alasan yang jelas, sebaiknya kalian berdiam saja. Hal ini dilakukan sebagai proses mengontrol hati dan pikiran.

Jangan terburu-buru bertindak, karena bisa jadi penyebab gelisah yang kalian alami bukanlah hal yang perlu dibuat beban.

4. Jauhi lingkungan yang negatif
Rasa gelisah bisa saja datang dari lingkungan yang buruk. Untuk mencegahnya, bentengilah diri kalian sendiri dari orang-orang yang merugikan.

Pasalnya, tidak semua orang dapat memberikan energi positif, banyak dari mereka yang menyebarkan energi negatif yang berujung pada gelisah.

Maka dengan menjauhi orang-orang jenis di atas, kalian akan terhindar dari rasa gelisah yang berkepanjangan.

5. Ingat bersyukur
Masih ada banyak hal yang harus disyukuri. Dengan menanamkan rasa syukur, dapat menciptakan rasa tenang dalam diri kalian.

Cobalah memikirkan hal-hal baik yang sudah kalian peroleh, nikmat kesehatan, karena masih banyak orang-orang terkasih yang berada di sekitar kalian.

6. Cari tahu penyebabnya
Ketika hati dan pikiran kalian sudah tenang, maka cara ini dapat kalian lakukan. Kalau kalian sudah dapat mencari tahu penyebabnya, kecemasan pun akan segera mereda.

7. Fokus menyelesaikan masalah
Tekankan pemikiran bahwa, masalah yang kalian alami akan selesai dengan berjalannya waktu.

Sehingga kalian hanya perlu tenang dan fokus kepada solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Lakukan Ini Jika Anda Sedang Cemas!)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *