Pasang

7 Jenis Rempah Alami Bikin Kulit Glowing

  • Bagikan
Rempah alami untuk kesehatan kulit (Foto: Istimewa)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Memiliki wajah yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Tak heran bila kemudian produk skincare laris manis di pasaran.

Namun jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat, semahal apa pun skincare yang Anda pakai tidak akan bekerja dengan baik pada kulit Anda.

Pasang

Merawat kulit juga bisa dengan memperhatikan konsumsi makanan yang sehat, tidur cukup, minum air putih yang banyak, dan olahraga dengan teratur.

Jika ingin lebih berhemat, maka pakailah bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan kulit Anda.

Bisa jadi bahan-bahan alami tersebut selalu ada di dapur rumah Anda seperti berbagai jenis rempah yang sering Anda pakai sebagai bumbu masakan.

Jangan buru-buru berpikir rempah hanya untuk bumbu masakan. Tahukah Anda bahwa rempah-rempah telah lama dipakai perempuan Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 jenis rempah alami yang bisa bikin kulit bersih bersinar dan tampak glowing.

1. Jahe

Jenis rempah yang baik untuk kulit yang pertama adalah jahe. Bumbu dapur ini terkenal memiliki sifat afrodisiak, antioksidan dan pengencangannya, yang berkontribusi pada kulit yang bercahaya.

Jahe juga mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Jahe bekerja seperti toner alami yang bekerja untuk membersihkan, memurnikan, memberi kamu kulit yang cantik, bercahaya dan kencang.

Anda dapat menyiapkan masker sederhana dengan mencampur dua jahe parut dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh air lemon.

Dinginkan selama setidaknya 30 menit. Oleskan di wajah dan bilas dengan air dingin setelah 30 menit.

Ini akan memelihara, mencerahkan, melembutkan kulit dan mencegah penuaan.

Baca Juga: Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Mengurangi Penuaan Kulit

2. Kunyit

Jenis rempah yang baik untuk kulit berikutnya adalah kunyit. Selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah mengaitkan kunyit dengan khasiat penyembuhan dan manfaat kosmetik salah satunya sebagai agen pencerah wajah.

Manfaat kunyit didapat dari komponen bioaktifnya yang disebut kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Tak heran bila kunyit juga dapat bermanfaat untuk mengempeskan jerawat.
Penelitian ilmiah modern juga mulai mempelajari dampak positif dari kunyit.

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan efek pencerahnya.

Cara mendapatkan manfaatnya terbilang mudah, kamu hanya perlu mencampurkan beberapa sendok makan kunyit dalam mangkuk plastik kecil dengan madu, yoghurt atau susu.

Aduk sampai campuran larut dan oleskan ke kulit yang baru dibersihkan. Biarkan hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Pala
4. Kencur
5. Kayu Manis
6. Jinten
7. Adas

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *