Pasang

7 Khasiat Belut yang Jarang Diketahui, Bisa Mencegah Penyakit Anemia

  • Bagikan
Belut
Khasiat belut. (Foto: pixabay.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Belut atau dalam bahasa latin disebut Anguilla rostrata adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan tawar.

Selain memiliki rasa yang khas, hewan yang memiliki bentuk menyerupai ular ini memiliki sejumlah khasiat yang jarang diketahui orang. Hal ini tidak lepas dari kandungan gizi yang ada di dagingnya.

Pasang

Berikut adalah 7 khasiat belut untuk kesehatan, sebagaimana dilansir dari Sinergi Jatim.

1. Menjaga kesehatan tulang

Tahukah Anda bahwa belut termasuk ikan yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi? Fosfor dalam ikan ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Fosfor merupakan mineral pembentuk 1 persen dari total berat badan Anda dan menjadi salah satu mineral yang paling banyak di tubuh. Pasalnya, setiap sel tubuh mengandung fosfor dan sebagian besar ditemukan pada tulang dan gigi.

Baca Juga: Cara Memasak Ayam Goreng Rempah yang Enak dan Renyah

Mineral ini berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, fosfor juga membantu tubuh mengolah karbohidrat dan lemak, sehingga bisa digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel serta jaringan. Itu sebabnya, konsumsi makanan yang kaya akan fosfor, seperti belut, dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain tulang, manfaat belut lainnya yaitu meningkatkan kesehatan kulit berkat vitamin E di dalamnya. Sudah lebih dari 50 tahun vitamin E digunakan dalam dunia dermatologi.

Vitamin E merupakan antioksidan penting yang banyak dijumpai dalam produk kosmetik. Pasalnya, vitamin ini memberikan efek perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar UV. Selain itu ada beberapa manfaat vitamin E lainnya untuk kesehatan kulit, yaitu:

Mencegah peradangan akibat paparan sinar matahari, membantu melembapkan kulit, serta membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Walaupun khasiat vitamin E baik untuk kulit, belum ada penelitian yang membuktikan, apakah konsumsi belut juga memiliki efek yang sama. Hal ini dikarenakan manfaat dari vitamin ini diperoleh dalam bentuk suplemen atau krim. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba belut dan makanan sumber vitamin E lainnya yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Turunkan risiko stroke

Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu bahwa kandungan kalium (potasium) dalam belut memiliki khasiat terhadap penurunan risiko stroke. Bagaimana bisa? Dilansir dari Harvard Health, terdapat sebuah penelitian dalam jurnal stroke yang membuktikan bahwa konsumsi makanan berkalium tinggi bisa menurunkan risiko stroke.

Para ahli dalam penelitian ini melibatkan sekitar 90.000 wanita pascamenopause berusia 50 – 70 tahun. Penelitian yang berlangsung selama 11 tahun ini meminta beberapa peserta untuk menambahkan kalium dalam menu makanannya.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi lebih banyak potasium mengalami penurunan risiko sebesar 16 persen terhadap stroke iskemik. Hal tersebut dibandingkan dengan wanita yang lebih sedikit mengonsumsi makanan berkalium.

Kondisi ini mungkin terjadi karena makanan berkalium tinggi, seperti belut, lebih mungkin menurunkan tekanan darah yang dapat memicu stroke iskemik. Namun, berapa banyak asupan kalium tidak secara langsung menurunkan risiko stroke.

4. Mencegah anemia

Salah satu kandungan dalam belut yang memberikan manfaat berupa mencegah anemia yaitu vitamin B12. Begini, vitamin B12 memiliki peran penting dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah (eritrosit).

Bila kadar vitamin B12 dalam tubuh terlalu rendah, pembentukan sel darah merah pun terhambat dan mencegahnya berkembang dengan baik.

Normalnya, sel darah merah berukuran kecil dan bulat. Bila kekurangan vitamin B12, sel darah merah akan menjadi lebih besar dan berbentuk oval.

Akibatnya, eritrosit pun tidak dapat membawa oksigen menuju organ yang membutuhkannya. Hal ini yang memicu gejala anemia, berupa rasa lelah dan lemah.

6. Manfaat belut pada sistem pencernaan

Bagi Anda yang susah buang air besar atau sembelit mungkin bisa mencoba belut untuk melancarkan saluran pencernaan. Berkat kandungan magnesium dalam belut, ikan yang juga bisa ditemukan di perairan laut ini ternyata baik untuk sistem pencernaan.

Hal ini dikarenakan magnesium terbukti dapat membantu meningkatkan jumlah air pada usus. Bila jumlah air dalam usus meningkat, pergerakan usus pun menjadi lebih lancar. Itu sebabnya, magnesium dalam belut memiliki khasiat sebagai obat pencahar.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun merupakan bagian penting dari pertahan tubuh dalam melawan infeksi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dan salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti mengonsumsi belut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, belut memiliki kandungan gizi yang tinggi dan menjadi sumber protein hewani yang baik bagi kesehatan. Salah satu kandungan gizi belut yang memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh adalah zinc.

Zinc atau seng yaitu senyawa yang berperan penting dalam menjaga sel kekebalan. Kekurangan zinc dapat memicu penurunan respons sistem imun.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *