Pasang

70 Perusahaan Rokok Lokal di Pamekasan Sukses Dongkrak Pemasukan Alokasi Anggaran DBHCHT

  • Bagikan
RESMI: Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura, Zainul Arifin saat menghadiri acara talkshow di salah satu TV Nasional (Dok. Sinergi Madura)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Sebanyak 70 perusahaan rokok lokal di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur sukses mendongkrak pemasukan alokasi anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT).

Hal itu berdasarkan data dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madura.

Pasang

Disebutkan, hingga tahun 2021 terdapat 90 perusahaan rokok lokal di Madura, dari jumlah itu sekitar 70 perusahaan berasal dari Bumi Gerbang Salam.

Banyaknya perusahaan rokok lokal yang sudah legal tersebut kini mampu menjadikan Kabupaten Pamekasan sebagai daerah dengan pendapatan DBHCHT terbesar untuk wilayah Madura.

Meski demikian, dari 70 perusahaan rokok tersebut masih masuk pada tipe golongan III dengan hasil produksi yang rendah atau tergolong sederhana.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura, Zainul Arifin menyimpulkan, jumlah produksi untuk golongan III tidak lebih dari 500 juta batang per tahun.

“Sedangkan untuk golongan II, jumlah produksi rokoknya lebih dari 500 juta batang, tetapi tidak lebih dari 2 miliar batang per tahunnya. Sedangkan untuk golongan I jumlah produksi rokoknya lebih dari 2 miliar batang per tahunnya,” ungkapnya, Selasa (20/7/2021).

Namun, kata dia, yang menjadi pekerjaan rumah bagi Bea Cukai Madura sekarang adalah masih banyak pabrik rokok ilegal di Kabupaten Pamekasan.

“Saya berharap, pabrik-pabrik yang masih ilegal itu tadi ke depan bisa diedukasi sehingga menjadi perusahaan rokok yang legal,” harapnya.

“Sebab semakin banyak pabrik rokok di suatu daerah maka akan semakin besar pula DBHCHT yang diterima. Penentu besaran DBHCHT di satu daerah, salah satunya jumlah perusahaan rokoknya,” tandasnya. (adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *