Pasang

9 Resep dan Cara Memasak Makanan Khas Madura

  • Bagikan
9 Resep dan Cara Memasak Makanan Khas Madura
Kuliner khas Madura Sate Ayam (Foto: kemlu.go.id)

KULINER, SINERGI MADURA – Pulau Madura memiliki banyak aneka masakan enak yang layak dicoba. Madura tak cuma dikenal dangan makanan satenya saja , masih ada sederet masakan lain yang juga tak kalah lezat. Hanya saja makanan lainnya kalah pamor dari dua yang disebutkan di atas.

Berikut ini Sinergi Madura melansir dari berbagai sumber akan menyajikan beberapa resep masakan khas Madura yang layak dicoba dan bisa dimasak sendiri di rumah.

Pasang

1. Resep Sate Ayam Madura

Resep pertama yang akan kita pelajari adalah sate ayam khas Madura. Kadang juga disebut sate lalat karena dagingnya berukuran kecil.

Bahan:

500 gram daging ayam dengan atau tanpa lemak, potong dadu, 20 tusuk sate

Bumbu:

250 gram kacang tanah, 10 siung bawang putih, 4 butir kemiri, 6 sendok makan, bawang goreng, gula merah secukupnya, kecap manis secukupnya, garam secukupnya, minyak goreng secukupnya.

Pelengkap:

Bawang merah secukupnya, iris halus. jeruk nipis secukupnya, cabai rawit secukupnya, rebus dan haluskan.

Baca Juga: Tips Memasak Sayur Bening Daun Kelor Lezat dan Menyehatkan ala Orang Madura

Cara Membuat Sate Ayam Madura:

Goreng kacang tanah bersama bawang putih dan kemiri hingga matang, kemudian tiriskan minyaknya. Haluskan kacang tanah, gula merah, bawang putih, dan kemiri dengan cara diulek.

Masukkan bawang goreng, kemudian ulek kembali hingga benar-benar halus. Tuangi bumbu kacang dengan air panas mendidih secukupnya dan kecap manis.

Aduk rata. Urap sate dengan sedikit bumbu kacang yang sudah dibuat, kemudian bakar di atas bara api arang hingga matang. Sajikan sate ayam bersama bumbu kacang, bawang merah iris, dan cabai rawit yang sudah dihaluskan. Demikian cara membuat sate ayam Madura yang lezat.

2. Resep Soto Daging Madura

Bahan:

250 gram daging sapi tanpa lemak, 200 gram babat sapi, bersihkan. 2 liter air, 1 batang serai, memarkan. 4 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk, 2 batang daun bawang prai, potong-potong 1 cm, 1 ruas lengkuas, minyak goreng secukupnya.

Bumbu Halus:

4 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 2 ruas jari kunyit

Pelengkap:

4 butir telur rebus, belah menjadi 4 atau 6 atau secukupnya, rebus selama 1 menit, rajang kasar seledri secukupnya, bawang merah goreng secukupnya, bawang putih goreng secukupnya, jeruk nipis.

Sambal:

10 buah cabai rawit dan garam secukupnya

Cara Membuat Soto Daging:

Langkah pertama adalah merebus daging. Siapkan air secukupnya, kemudian rebus daging sampai setengah matang. Buang air rebusannya dan potong-potong daging sesuai selera. Sisihkan terlebih dahulu.

Rebus babat dan 2 daun jeruk serta salam di panci terpisah sampai empuk. Setelah itu buang airnya dan tiriskan. Iris-iris sesuai selera jika sudah cukup dingin.

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kunyit menggunakan ulekan atau blender. Panaskan sedikit minyak di penggorengan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, dan daun salam.

Aduk sampai bumbu berubah warna, kemudian angkat dari kompor dan sisihkan. Panaskan 2 liter air di dalam panci, kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi.

Masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong dan rebus sampai benar-benar empuk. Masak sampai kuah sedikit menyusut, kemudian bumbui dengan garam.

Terakhir masukkan daun bawang prai. Angkat dari kompor. Selanjutnya kita akan membuat sambal soto. Rebus cabai hingga lunak, kemudian ulek sampai halus.

Penyajian:

Siapkan mangkuk. Masukkan nasi, lalu taburi dengan irisan babat, kol, dan tauge rebus.Tuangi kuah dan daging yang masih panas. Taburi dengan seledri, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Letakkan telur rebus, sambal, dan irisan jeruk di pinggir.

3. Resep Bebek Sinjay Madura
4. Resep Nasi Serpang Bangkalan
5. Resep Bebek Songkem
6. Resep Kaldu Kokot
7. Resep Nasi Petis
8. Resep Cager Telur

Untuk resep makanan dari nomor 3 sampai 8 tunggu update berikutnya ya!

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *