Akibat Pandemi, Barcelona Terlilit Utang Rp 19,98 Triliun

Akibat Pandemi, Barcelona Terlilit Utang Rp 19,98 Triliun
LAPULGA: Pemain bintang Barcelona saat merumput di pentas LALIGA (Istimewa)

SPORT, SINERGI MADURA - Tim raksasa Spanyol Barcelona terlilit utang sebesar Rp 19,98 Triliun. Pemasukan Tim Catalan menurun drastis akibat pandemi yang melanda Negeri Matador.

Utang triliunan tersebut jika tidak jua terbayar akan berdampak pada gaji pemain dan pelatih tim Catalan. Pasalnya Barcelona melakukan kesalahan fatal pada transfer musim panas lalu dengan menahan kepergian super star mereka, Lionel Messi.

Gesekan antara La Pulga -julukan Lionel Messi- sempat memanas pada waktu itu. Sebab, sang pemain menginginkan hengkang dengan free tansfer. Namun manajemen klub, Bartomeu tidak mengijinkan sang pemain dengan nomor punggung 10 tersebut hengkang.

Alhasil, manajemen klub memberikan bandrol mahal bagi siapa saja klub yang memboyongnya dari Camp Nou. Selain itu, manajemen klub juga memberikan ancaman, jika Messi tidak sepakat dengan hal itu, maka Bartomeu akan membawa kasus itu ke pengadilan.

Baca Juga: Liverpool dan El-Real Harus Berlomba Dapatkan Tanda Tangan Kylian Mbappe

Mau tidak mau La Pulga akhirnya bertahan di Camp Nou. Kontrak pemain berpaspor Argentina itu akan berakhir pada musim ini. Sehingga sang pemain kemungkinan juga akan hengkang dari Camp Nou dengan free transfer di akhir musim.

Jika hal itu terjadi, akan menjadi kerugian besar bagi keuangan klub Catalan. Bagaimana tidak, kepergian mega bintang secara free tansfer bisa saja terjadi jika diakhir musim bila La Pulga tidak mau memperpanjang kontrak dengan Barcelona.

Mempertahankan La Pulga di Barcelona pada transfer musim panas lalu, jelas menjadi pilihan yang salah bagi manajemen klub. Andai saja pada transfer musim panas tahun lalu, transfer La Pulga dilakukan oleh Barcelona, maka Tim Catalan akan mendapatkan suntikan dana dari hasil penjualan pemain Negeri Tango tersebut.

Manajemen Barcelona, tidak belajar pada musuh bebuyutan mereka Real Madrid beberapa tahun lalu. El-Real memecahkan rekor penjualan termahal mereka Cristiano Ronaldo ke Juventus. Dari penjualan mega bintang itu, Los Blancos mendapatkan keuntungan besar. (us/an/fd)


(*)