Pasang

Asal Usul Lahirnya Nama Sumenep Madura

  • Bagikan
Asal Usul Lahirnya Nama Sumenep Madura
Labang mesem keraton Sumenep (Foto: Istimewa)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Asal usul berdirinya Kabupaten Sumenep yang terletak di ujung timur Pulau Madura, tak lepas dari peran tokoh zaman kerajaan yang bijaksana dan cerdas, yaitu Arya Wiraraja.

Sumenep merupakan Kadipaten berpengaruh atas lahirnya Kerajaan Majapahit dahulu. Orang-orang pelosok desa di masa itu bahkan sebagian sekarang menyebutnya ‘Songennep‘.

Pasang

Dari sumber kitab Pararaton sejumlah bukti antara lain sebutan Songennep lebih banyak digunakan atau dikenal oleh sebagian besar penduduk Sumenep.

Bahkan, pengarang buku sejarah Madura Raden Werdisastro menggunakan istilah Songennep dalam bukunya berjudul ‘Babad Songennep’.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Singkat Kerajaan Bangkalan Madura

Kemudian pada zaman Belanda istilah Songgenep diubah menjadi Sumenep karena dianggap lebih mudah dalam melafalkan atau mengucapkan.

Dikutip dari berbagai Sumber, Songennep dari arti katanya, merupakan nama asal pada masa kuno. Yaitu, Song berarti relung, geronggang (bahasa Kawi), Ennep berarti mengendap (tenang). Jadi, Songennep adalah lembah bekas endapan yang tenang.

Selain itu ada juga yang menyebutkan, bahwa Song mempunyai arti sejuk atau rindang. Sedangkan Ennep berarti mengendap (tenang). Jadi, Songennep adalah lembah endapan yang sejuk dan rindang.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *