Pasang

Bahaya Sering Menggunakan Headset untuk Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasi bahaya sering menggunakan headset (Foto: Istimewa)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Mendengarkan musik menggunakan headset memang sangat menyenangkan, selain suara yang dihasilkan lebih jernih juga tidak akan mengganggu ketenangan orang lain yang ada di sekitar kita.

Meski begitu, terlalu sering memakai headset juga bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Salah satun contohnya yaitu dapat mempengaruhi indra pendengaran

Pasang

Oleh karena itu, lebih baik gunakanlah headset dengan frekuensi suara yang tidak terlalu keras dan mengurangi durasi pemakaiannya.

Sebab, jika hal itu terus dibiarkan akan berakibat fatal bagi kesehatan dan keselamatan jiwa Anda.

Dilansir dari hellosehat.com, berikut 5 bahaya sering dan terlalu lama menggunakan headset untuk kesehatan:

1. NIHL (noise-induced hearing loss)

Tak hanya karena volume suara di headset Anda terlalu keras, NIHL (noise-induced hearing loss) atau tuli akibat kebisingan ini dapat terjadi karena jangka waktu seberapa lama atau sering Anda menggunakannya.

Sebuah penelitian menemukan, bahwa 10% dari 280 remaja yang diteliti memiliki kebiasaan mendengarkan musik melalui headset dalam waktu yang lama, bahkan saat tidur.

Kebiasaan ini dapat membuat seseorang lebih berisiko terkena NIHL di kemudian hari.

2. Tinnitus

Suara berdenging, berdengung, atau menderu di telinga maupun kepala Anda dapat disebabkan oleh sel-sel rambut koklea yang rusak.

Menurut sebuah penelitian, remaja yang mendengarkan musik lebih dari 3 jam dengan menggunakan headset lebih sering mengalami tinnitus.

Baca Juga : Mengungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Kuku

3. Hiperakusis

Kurang lebih sekitar 50% orang yang menderita tinnitus cenderung mengembangkan kepekaan tinggi terhadap suara di lingkungan yang normal.

Kondisi inilah yang kemudian disebut dengan hiperakusis.

4. Kehilangan pendengaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa menggunakan headset untuk mendengarkan musik dengan keras dan dalam waktu yang lama dapat membuat sel-sel rambut lebih sensitif.

Hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau permanen.

5. Infeksi telinga

Bahaya penggunaan headset berikutnya yakni infeksi telinga.

Ini karena headset yang ditempatkan langsung ke dalam liang telinga menghalangi aliran udara.

Selain itu, pemakaian headset juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri. Kuman ini mungkin tertinggal di headset dan akan menginfeksi penggunanya.

Hal tersebut semakin parah ketika Anda meminjamkan headset Anda ke orang lain.

(*Roziq/Artikel ini telah tayang di sinergijatim.com dengan judul: 5 Bahaya Penggunaan Headset yang Wajib Anda Ketahui, Salah Satunya Kehilangan Pendengaran)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *