Banjir di Jambu Lenteng Diduga Akibat Galian C

Banjir di Jambu Lenteng Diduga Akibat Galian C
TERENDAM: Pejalan kaki dan pengendara motor saat melintas dijalan raya lenteng depan Ponpes Mathlabul Ulum pada Rabu 20 Januari 2021 (Edy Mufti - Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Banjir yang sempat menghebohkan para pengguna jalan di Desa Jambu, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur diduga akibat galian C.

Banjir yang terjadi pada Rabu (20/1) lalu di depan Pondok Pesantren Mathlabul Ulum tersebut sempat menyita perhatian warga lantaran mengakibatkan arus lalu lintas sempat macet. 

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Riadi menyampaikan, dari informasi yang berhasil dihimpun pihaknya, kemungkinan banjir tersebut berkaitan dengan rusaknya infrastruktur dan lingkungan akibat galian C.

"Di sana infonya ada penambangan galian C, sehingga gundul, air itu dari atas ke bawah mengalir," ujarnya, saat dikonfirmasi media ini, Jum'at (22/1/2021).

Baca Juga: Menengok Kondisi PATM di Desa Lebbeng Barat Sumenep

"Maka solusinya mungkin pembuatan tanggul penahanan aliran air," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Yayak Nurwahyudi mengatakan, bencana banjir yang menimpa Desa Jambu tidak ada keterkaitan dengan usaha pertambangan yang berada di Desa Ellak Daya.

"Aliran air memang satu sisi dari bukit tinggi (Daramista, red) serta dari Perbukitan Ellak, jadi Desa Jambu dihimpit ketika air turun lalu ada sumbatan yang bisa sampai ke sana," katanya.

Meski demikian, pihaknya akan mengkaji dan akan melakukan pemetaan agar arah airnya tidak buntu. Sebab, dikhawatirkan ketika buntu arah air akan melimpas kemana-mana, salah satunya ke Desa Jambu.

Selain itu, kata Yayak, mengenai adanya dugaan air kiriman dari pegunungan yang diduga berasal dari penambangan galian C itu kurang tepat, sebab bisa membuat beberapa pihak tersinggung.

"Jika disebut kiriman iya nanti yang satunya takut tersinggung (kepala desa, red) rill seperti itu dari atas, posisi Jambu memang di bawah," tandasnya. (em/an/fd)


(*)