Pasang

Banyak Makan Korban, Ini Cerita Mistis Pantai Nepa Sampang Madura

  • Bagikan
Banyak Makan Korban, Ini Cerita Mistis Pantai Nepa Sampang Madura
EKSOTIS: Pantai nepa sampang (Foto: Portalwisata.co.id)

BUDAYA, SINERGI MADURAPantai Nepa merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Perpaduan ombak dan pasir putihnya di pantai nepa mengundang decak kagum para pelancong dari berbagai daerah, di Jatim.

Pasang

Namun, tak pernah disangka, bahwa pantai nepa memiliki cerita mistis dan tanda-tanda yang sulit dijelaskan oleh nalar pikiran manusia.

Menurut cerita warga sekitar, selain karena faktor alam dan struktur permukaan pantainya yang dalam, aura mistis di pantai tersebut jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Kabupaten Sampang, pantai nepa lebih sering memakan korban. Bahkan hampir setiap 5 tahun sekali.

Seperti kejadian nahas 4 tahun lalu, yang menimpa dua orang bocah warga setempat yang sedang mandi tewas tenggelam terseret arus di lokasi wisata bahari tersebut.

Baca Juga: Sejarah Singkat Labang Mesem Keraton Sumenep Madura

Dua boca tersebut sempat menghilang dalam waktu yang cukup lama setelah terseret arus ombak, yakni sekitar 24 jam baru ditemukan.

Dikutip Sinergi Madura dari sejumlah sumber, jika dilihat dari letak geografis, pantai nepa sangat dekat dengan wisata hutan kera nepa, karena masih dalam satu desa.

Hutan kera nepa ini disebut-sebut menjadi wisata tertua di Kabupaten Sampang, bahkan di Madura, karena berhubungan dengan sejarah Raden Segoro.

Hutan nepa tersebut menjadi tempat permukiman Raden Segoro sejak kecil bersama ibunya. Mereka mendirikan rumah pemukiman dari pohon nipah sejenis pohon palem yang tumbuh di sekitar hutan bakau.

Tempat bermukim Raden Segoro di hutan, dipenuhi dengan hewan kera. Namun, kera ini tidak memangsa dan mudah dijinakkan. Sehingga, tempat pemukiman Raden Segoro kini dinamai wisata Hutan Kera Nepa.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *