Pasang

BCM dan Pemkab Pamekasan Berhasil Selamatkan Kerugian Negara Akibat Rokok Ilegal

  • Bagikan
BCM dan Pemkab Pamekasan Berhasil Selamatkan Kerugian Negara Akibat Rokok Ilegal
TERBONGKAR: Salah satu petugas tim 'Operasi Gabungan' saat menemukan rokok ilegal di salah satu warung (Dok. Sinergi Madura)

PAMEKASANSINERGI MADURA – Bea Cukai Madura (BCM) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur sukses melaksanakan ‘Operasi Gabungan’ dalam memberantas rokok ilegal.

Operasi yang melibatkan 6 unsur tim yang terdiri dari Bea Cukai, Pemkab Pamekasan, Polres Pamekasan, Sub Denpom V/4-3, dan Satpol PP ini telah menyusuri berbagai desa di beberapa kecamatan. Diantaranya Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Pademawu, Galis, Larangan dan Kadur.

Pasang

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan BCM, Trisilo Asih Setyawan menjelaskan, dalam penindakan terhadap temuan pelanggaran selama operasi berlangsung, pihaknya berhasil mengamankan sebanyak 50.296 batang rokok ilegal dengan potensi kerugian negara Rp. 26.012.760.

Baca Juga: Tekan Peredaran Rokok Ilegal di Pamekasan, BCM Gandeng KPKNL

“Operasi Gabungan bersama ini, bagian dari operasi kegiatan pemberantasan Barang Kena Cukai (BKC,red) ilegal di bawah koordinasi Bea dan Cukai dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait BKC ilegal,” ungkapnya, Minggu (5/9/2021).

“Diharapkan dengan operasi bersama ini dapat menurunkan angka peredaran rokok ilegal di wilayah Madura serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya rokok ilegal,” timpalnya.

Hal ini, kata Trisilo, mengingat peredaran rokok ilegal, juga memengaruhi penerimaan cukai hasil tembakau yang pada akhirnya akan berimbas pada penerimaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di setiap daerah penghasil tembakau.

“Di sisi lain, DBHCHT sangat berperan penting dalam pembiayaan kesehatan, penegakan hukum, dan kesejahteraan petani maupun pekerja pabrik rokok,” pungkasnya. (adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *