Pasang

Begini Cara Mudah agar Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

  • Bagikan
Tiga anak tampak sangat bahagia
Tiga anak tampak sangat bahagia (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Sebuah kunci dalam menjalani hidup pada setiap manusia yang sangat berharga adalah ketenangan batin maupun rohani.

Ketenangan ini erat kaitannya dengan rasa bahagia yang ada pada diri kita sendiri yang sama artinya dengan menerima takdir kehidupan.

Pasang

Perlu kita ingat, bahagia itu bukan diukur dari harta dan tahta, sebab hal itu masih bisa dicari dan dibeli, akan tetapi ketenangan batin maupun rohani tidak dapat beli.

Setiap manusia pasti ingin merasakan kebahagiaan dalam hidup, namun memiliki cara tersendiri untuk mendapatkannya.

Sebagian orang menganggap bahwa bahagia itu ketika banyak uang, namun ternyata tidak setiap orang yang punya uang bahagia, malah berbalik tidak tenang.

Lantas bagaimana cara bahagia sederhana tanpa harus mengukur harta dan tahta?

Jadi, kita tidak perlu repot-repot mencari di mana letak bahagia, kali ini senergimadura akan berbagi cara yang perlu kita terapkan agar selalu bahagia dalam kondisi apapun.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips agar tetap tenang dan bahagia dalam menjalani kehidupan, antara lain:

1. Memperbanyak rasa syukur
Kehidupan banyak di artikan sebagai sebuah perjalanan, maka apapun yang kita miliki dan kita jalani dalam kehidupan ini jalanilah.

Terlalu sibuk memikirkan apa yang belum kita miliki hanya akan menambah beban. Belajarlah mensyukuri apa yang kita miliki saat ini, sesederhana apapun bentuknya, itu sama halnya mempersiapkan diri untuk bisa menikmati karunia yang lebih besar yang akan datang.

Baca juga: 3 Doa agar Cepat Dipertemukan dengan Pasangan Hidup

2. Menerima apa adanya diri sendiri
Setiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka maksimalkan apa yang menjadi kelebihan kita dan terima saja apa yang menjadi kekurangan kita.

Tidak selamanya kekurangan pada diri seseorang adalah kelemahan baginya. Namun kekurangan itu sendiri justru dapat menjadi kekuatan bagi seseorang yang mampu mengenali dan menerima dirinya sendiri dengan sebaik-baiknya.

3. Anda adalah anda dan dia adalah dia
Erat kaitannya dengan poin pertama, banyak orang mengeluhkan mengapa dirinya tidak sehebat yang lain serta tidak seberuntung yang lain.

Padahal siapa yang tahu tentang kehidupan orang lain yang sesungguhnya. Kita tidak akan pernah tahu apa yang tersembunyi di balik kesempurnaan pada hidup orang yang kita lihat bahagia.

Sedangkan tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang kita lihat tadi, justru menginginkan berada di posisi kita.

Bersabarlah dengan proses yang kita hadapi dan janganlah berkecil hati. Ingat bahwa setiap manusia lahir dengan keadaan yang sama yaitu tidak membawa apa-apa.

Jadi, tidak perlu iri apalagi dengki atas pencapaian orang lain, percayalah pada diri sendiri bahwa apapun bisa meraih apa yang kita inginkan selama ada usaha di iringi doa kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Merasa Kurang Bahagia Jadi Diri Sendiri, Ini Tipsnya!)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *