Pasang

Berikut 5 Kuliner di Pamekasan Madura yang Cukup Terkenal

  • Bagikan
Berikut 5 Kuliner di Pamekasan Madura yang Cukup Terkenal
Soto ayam Keppo Pamekasan Madura (Foto: [email protected])

KULINER, SINERGI MADURA – Ngomong-ngomong di Pulau Madura ada kuliner apa saja ya?

Nah, tidak usah khawatir tentang kuliner di Pulau Madura, pulau yang terdiri dari empat kabupaten diantaranya Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep ini juga tak kalah dengan daerah lain loh soal kulinernya.

Pasang

Dari keempat kebupaten tersebut selain sate ayam Madura, di pulau ini juga memiliki segudang aneka macam kuliner yang kalian bisa jumpai dan nikmati.

Salah satunya di Kabupaten Pamekasan atau biasa disebut Kota Gerbang Salam.

Jadi, penasaran kan? Monggo dicicipi dulu, saat kalian berkunjung di kota ini, biar tidak ketinggalan dengan kuliner khasnya.

Berikut 5 kuliner atau makanan khas Pamekasan Madura, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Soto Ayam Keppo Pamekasan
Soto Ayam ini menggunakan ayam kampung dan dimasak dengan teknik tersendiri sehingga menghasilkan soto yang gurih dengan irisan daging ayam yang empuk, mie soun, telur rebus dan perasan jeruk nipis.

Soto ini bisa dimakan dengan ketupat atau nasi, lalu ditambah kuahnya yang berasa rempah, campur kentang rebus dan peyek, serta taburan bawang goreng di atasnya. Kuliner ini berada di Jalan Raya Keppo, Pamekasan.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Teh Jahe Setiap Pagi ala Masyarakat Madura

2. Nase’ Ramoy (Nasi Ramoy)
Kuliner yang satu ini menyajikan paduan nasi putih dengan daging yang gurih, empuk, serta jeroan sapi yang ditambah bumbu merah. Nasi ini dilengkapi dengan siraman kecap dan irisan cabe rawit. Kuliner ini terletak di Jalan Pintu Gerbang No. 130 A Pamekasan.

3. Nase’ Jhajan (Nasi Jajan)
Makanan khas yang sangat legendaris ini, disajikan dengan pincukan daun pisang dan disertai lauk, seperti telur kuah petis, daging, serundeng, kemudian ditambah sambal pedasnya yang cukup menggoyang lidah. Kuliner ini bisa kalian jumpai di Parteker, Pamekasan.

4. Sate Lalat
Sate ini sebenarnya bukan terbuat dari lalat, namun karena ukurannya yang kecil-kecil dikenal dengan sate lalat. Kuliner ini tidak berbeda jauh dengan sate Madura. Kalian bisa jumpai di Jalan Niaga, Pamekasan.

5. Campur Lorjuk
Bahan utama dari kuliner ini adalah Lorjuk, sejenis kerang
yang panjang sehingga dikenal kerang bambu atau kerang kuku.

Kuliner ini terdiri dari irisan lontong, mie soun, kacang bumbu manis, kecambah, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah campor lorjuk, kuah inilah yang menjadi gurih kemudian ada taburan lorjuk diatasnya. Bisa kalian temui di Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *