Pasang

Berikut 5 Kuliner di Sampang Madura yang Cukup Terkenal

  • Bagikan
Berikut 5 Kuliner di Sampang Madura yang Cukup Terkenal
Kaldu sumsum makanan khas Sampang Madura (Foto: [email protected])

KULINER, SINERGI MADURA – Bagi para pecinta kuliner di Tanah Air, jika kalian datang ke Pulau Madura, Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Sampang ya?

Sampang atau yang biasa dikenal Kota Bahari, salah satu kabupaten di Pulau Garam yang dapat ditempuh dari Surabaya melalui Jembatan Suramadu kira-kira 1,5 jam.

Pasang

Kota ini dihimpit dua kabupaten, yakni Kabupaten Bangkalan di bagian barat, dan Kabupaten Pamekasan di bagian timur. Kota ini juga memilik banyak kuliner atau makanan khas yang cukup terkenal.

Kuliner atau makanan khas Kota Bahari ini, juga memiliki cita rasa yang cukup istimewa yang tidak akan ditemukan di daerah lain.

Lalu seperti apa rasanya? ayo, sempatkan untuk mencicipi kuliner khasnya, biar tidak ketinggalan!

Berikut 5 kuliner atau makanan khas Kabupaten Sampang Madura, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kaldu Sumsum
Kuliner ini merupakan sajian kaldu sapi lengkap dengan tulangnya, biasanya disajikan dalam mangkuk besar, kemudian sumsum dalam tulang disedot memakai sedotan dan juga ada tetelan daging dan tulang muda sapi. Kuliner ini bisa ditemui di wilayah Tanglok, di Jalan Diponegoro, Sampang.

Baca Juga: Mengenal Rujak Selingkuh dan Rujak Corek Khas Madura

2. Nasi Kobel
Kuliner ini merupakan sajian nasi bersama ikan laut dan parutan kelapa yang dibuat dengan cara dipanggang di atas cobek.

Kuliner ini paling nikmat disantap bersama (Bujha Cabbi) yakni sambal garam dan cabai yang diulek tanpa air, lalu kemudian nasi tersebut dibungkus dalam daun pisang. Kuliner ini bisa kalian jumpai di pesisir Sampang, Kecamatan Camplong.

3. Ceger telur
Kuliner ini merupakan olahan telur ayam rebus yang dimasak bersama cabe merah, kubis, daun jeruk, garam, cuka, gula, air, dan bawang. Pertama telur direbus lalu digoreng hingga berkulit.

Lalu bumbu yang terdiri daro bawang merah dan putih, kemiri goreng, kunyit, dan lengkuas, yang sudah dihaluskan lalu ditumis dan ditambah air, kemudian dimasukkan bersama telur tersebut.

4. Dhun adhun
Kuliner ini merupakan sajian lontong, kuah kental, dan tepung beras lalu dicampur santan. Kemudian diolah bersama rempah dan taburan serondeng atau sambal dari dasar jagung dan terasi. Kuliner bisa dijumpai di Jalan Ternate, Kota Sampang, biasanya mulai buka pukul 05.00 WIB.

5. Lontong lodeh
Merupakan kuliner dengan perpaduan antara sayur lodeh dan lontong, berisi terong ungu, kacang panjang, dan daun melinjo.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *