Pasang

Berikut 5 Kuliner di Sumenep Madura yang Terkenal, Cobain Yuk!

  • Bagikan
Berikut 5 Kuliner di Sumenep Madura yang Terkenal, Cobain Yuk!
Cake salah satu kuliner hits di Sumenep Madura (Edy Mufti - Sinergi Madura)

KULINER, SINERGI MADURA – Bagi para pecinta kuliner di Tanah Air, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Pulau Madura. Terutama Kabupaten Sumenep.

Kabupaten yang terkenal dengan julukan Kota Keris ini dikenal memiliki ragam budaya dan tradisi yang unik. Mulai dari karapan sapi hingga pagelaran ojung.

Pasang

Selain itu, kabupaten ujung timur Pulau Madura ini juga terkenal dengan wisata dan kulinernya. Seperti Pantai Lombang, Slopeng, Pantai Sembilan dan lain-lain.

Khusus untuk kuliner jangan ditanya lagi, di kabupaten ini juga terkenal dengan ragam kuliner yang hits dan menggoda.

Berikut 5 kuliner atau makanan khas Sumenep dirangkum dari berbagai sumber:

1. Soto campur
Salah satu makanan yang merupakan perpaduan dari soto dan rujak, hanya makanan ini ada kuah dari soto campur yang menggunakan santan dan cabai yang telah dihaluskan. Bisa kalian temukan di daerah Kebonagung Sumenep.

Baca Juga: Berikut 5 Kuliner di Pamekasan Madura yang Cukup Terkenal

2. Soto Sabreng
Merupakan makanan khas Sumenep yang terdiri dari soto babat yang disajikan bersama lontong dan singkong rebus. Kemudian memakai kuah atau bumbu kacang yang dicampur dengan petis ikan dan bumbu lainnya.

3. Cake
Merupakan makanan mirip masak pae, yang berisi potongan tepung terbuat dari campuran udang. Kuahnya juga diberi campuran daging ayam atau lidah sapi serta sayuran seperti wortel, kacang polong, kembang kol, dan ditambah keripik kentang diatasnya.

4. Pentol Gape
Merupakan makanan khas Sumenep yang cukup populer,  pentol ini tidak bulat seperti pentol pada umumnya, bentuknya pipih melingkar menyerupai piring.

Makanan ini terbuat dari tepung dan ikan tongkol dengan bumbu rempah. Masakannya bisa digoreng dan di panggang, karena pentol ini biasa disajikan dalam dua cara, basah atau kering.

5. Masak Pae
Merupakan olahan sup merah dengan ‘pie’ di dalamnya. Masak pae atau pie, terbuat dari campuran kentang dan telur yang diolah seperti kue pie.

Kemudian makanan ini dipotong lalu disajikan dengan kuah merah yang  berisi campuran kacang polong dan daging, hingga makanan ini menjadi gurih.

Pengen ya?
Cobain yuk!! Karena masih banyak kuliner lain di Sumenep Madura yang belum di ulas di artikel ini, tungguin saja ya kelanjutannya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *