Pasang

Berikut 6 Jenis Pakaian Khas Pria Madura

  • Bagikan
Berikut 6 Jenis Pakaian Khas Pria Madura
Pakaian adat Madura (Foto:[email protected])

BUDAYA, SINERGI MADURA – Setiap masing-masing Daerah pasti memiliki pakaian adat, yang kemudian dijadikan sebuah simbol atau identitas suatu daerah.

Seperti di daerah Jawa Timur, khususnya di Pulau Madura, yang juga memiliki kekhasan dalam pakaian adatnya. Kalian ingin tahu seperti apa jenis pakaian adat di Pulau Madura. Berikut jenis pakaian adat pria atau laki-laki Madura.

Pasang

Inilah 6 pakaian adat Pria Madura, yang perlu kalian ketahui, antara lain sebagai berikut:

1  Baju Pesa’an
Merupakan pakaian yang terdiri dari atasan dan bawahan hitam yang longgar dengan kaos belang berwarna merah dan putih. Untuk bagian bawah, ukurannya cukup besar dan memilki panjang hanya sebatas lutut.

2. Odeng
Merupakan pakaian penutup kepala, yang disebut sebagai odeng merupakan kain yang dililitkan, filosofi dari penggunaan odeng ini adalah semakin tegak digunakan, maka semakin tinggi derajat kebangsawanannya.

Bahkan, ada bentuk yang membedakan untuk menggunakan odeng, bagi yang masih muda, ujung odeng akan dibiarkan terbeber, sedangkan untuk sesepuh ujung odeng akan dipilin.

Baca Juga: Intip Keunikan Baju Adat Madura: Pesa’an?

3. Sarung Kotak-Kotak dan Sabuk Katemang
Pakaian ini, sebagai pelengkap pakaian adat Madura, para pria Madura menggunakan sarung kotak-kotak yang juga dilengkapi sabuk katemang.

4. Celurit
Alat ini merupakan pelengkap dari pakaian pria khas Madura, yang fungsinya sebagai senjata tradisional khas Madura. Celurit ini, bagi pria Madura tidak lupa disematkan pada bagian pinggang, bahkan ada juga yang dibawa begitu saja oleh pria Madura.

5. Tropa
Merupakan alas kaki yang digunakan oleh pria Madura. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan yang biasa digunakan oleh wanita Madura. Bentuknya seperti selop dan berwarna hitam. Tropa ini juga sebagai pelengkap bagi pakaian pria Madura.

6. Aksesoris
Tidak hanya wanita yang memakai aksesoris,  pria Madura juga memiliki asesoris pelengkap, seperti cincin (batu akek), gelang akar dan arloji rantai, itulah menjadi aksesoris untuk pakaian pria Madura.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *