Pasang

Berikut Bahan dan Khasiat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta bagi Kesehatan

  • Bagikan
Wedang Uwuh
Wedang Uwuh (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Pernah dengar wedang uwuh gak?

Wedang uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta yang diolah dari dedaunan mirip sampah.

Pasang

Dalam bahasa Jawa wedang berarti minuman yang diseduh sedangkan uwuh berarti sampah, jadi sampah yang dimaksud adalah sampah dedaunan.

Minuman khas ini terdiri dari beberapa racikan rempah-rempah atau tumbuhan tradisional dan minuman ini hanya di temui di Kota Yogyakarta

Minuman khas asal Yogyakarta ini biasanya disajikan dalam keadaan panas atau hangat, memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah serta aroma yang harum.

Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan, wedang uwuh dikembangkan menjadi dalam bentuk instan atau siap saji.

Baca juga: Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Daun Krokot

Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahan dan manfaat dari wedang uwuh bagi kesehatan, antara lain:

1. Jahe
Jahe menghasilkan rasa wedang uwuh terasa pedas. Jahe juga memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai antikoagulan yang bisa mencegah penyumbatan darah, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi hingga membangkitkan nafsu makan.

2. Kayu secang
Kayu secang menjadi salah satu komponen yang penting. Penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta mengungkapkan bahwa secang memiliki kandungan antioksidan, anti kanker, sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan melegakan pernapasan.

3. Kayu manis
Kayu manis bermanfaat untuk kesehatan salah satunya adalah atasi diare, mengurangi pilek, flu, sakit perut dan cegah hipertensi.

4. Daun Pala
Daun pala memiliki beberapa manfaat kesehatan. Daun pala mengandung minyak atsiri yang bersifat anti inflamasi dan mengatur sirkukasi dan tekanan darah.

5. Akar Sereh
Akar sereh sejak lama digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak/obat batuk, bahan untuk kumur dan penghangat badan.

6. Cengkih
Cengkih memiliki khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual, muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, reumatik, campak dan masih banyak khasiat lainnya.

7. Kapulaga
Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik.

Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk dan mencegah keropos pada tulang.

Wedang Uwuh Mempunyai banyak sekali manfaat, jadi sangat cocok bila di konsumsi setiap hari dan di seduh saat musim dingin melanda.

(*Ikke/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Manfaat Minuman Sampah, Wedang Uwuh Khas Yogyakarta)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *