Pasang

Berikut Daftar Pejabat Tinggi di Ibukota Jakarta Asal Madura

  • Bagikan
Kolase Foto
Kolase Foto

PROFIL, SINERGI MADURAMadura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa. Daerah yang dikenal sebagai Pulau Garam ini memiliki luas kurang lebih 5.168 km2 dengan penduduk 4 juta jiwa lebih.

Masyarakat pulau Madura dikenal pekerja keras dan pantang menyerah. Hingga kini, banyak tokoh menteri maupun pejabat tinggi Negara yang berasal dari tanah penggagas celurit.

Pasang

Dilansir Sinergi Madura dari berbagai sumber, berikut nama-nama tokoh pejabat tinggi di Ibukota Jakarta asal Madura.

1. Said Abdullah (Ketua Banggar DPR RI)

Said Abdullah lahir di Sumenep 22 Oktober 1962. Ia menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (2004-2014).
Saat ini, dia menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI (2019-2024).

Said Abdullah menghabiskan masa kecil hingga remajanya di Sumenep. Pendidikan SD dan SMPnya diselesaikan di Kota Keris. Sejak remaja ia aktif berorganisasi. Mulai dari OSIS hingga Banteng Muda Indonesia.

Baca Juga: 5 Ulama dan Kiai Berpengaruh dalam Perkembangan Islam di Pulau Madura

2. Achsanul Qosasi (Anggota BPK RI)

Achsanul Qosasi lahir di Sumenep, Madura, 10 Januari 1966. Achsanul Qosasi. Ia merupakan putra dari seorang ulama besar di Pulau Garam bernama KH Baha’uddin Mudhary (alm).

Karirnya, antra lain adalah sebagai tim ahli F-KB DPRI, Bendahara Umum PBR,
Pengurus PSSI (Direktur Keuangan dan Ketua Komisi Anggaran PSSI), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat ini, Achsanul Qosasi menjabat sebagai anggota Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) periode 2019-2024. Jabatan ini merupakan periode kedua setelah sebelumnya juga terpilih sebagai anggota BPK RI.

3. Mahfud MD (Menteri Polhukam)

Mohammad Mahfud Mahmodin, yang lebih dikenal dengan nama Mahfud MD adalah seorang politisi, akademisi dan hakim kelahiran Pamekasan Madura, 13 Mei 1957.

Mahfud MD lebih dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1984.

Sebelum menjabat sebagai Hakim Konstitusi, Mahfud MD pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI (2000-2001) Menteri Kehakiman dan HAM (2001).

Selain itu, ia juga menjabat anggota DPR-RI, Komisi III (2004-2006), Anggota DPR-RI Komisi I (2006-2007), Anggota DPR-RI Komisi III (2007-2008) dan menjadi Wakil Ketua Badan Legislatif DPR-RI (2007-2008).

Saat ini ia menjabat sebagai Menteri Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Polhukam).

Baca Juga: Kisah Raden Segoro, Keturunan Ningrat yang Terbuang di Madura

4. Nurul Ghufron (Wakil Ketua KPK)

Nurul Ghufron lahir di Sumenep pada 22 September 1974. Ghufron satu-satunya pimpinan KPK termuda yang mempunyai latar belakang sebagai akademisi.

Sebelum menjadi akademisi, yakni sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember. Ghufron pernah berprofesi sebagai pengacara.

Saat ini, pria kelahiran Sumenep itu menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain nama-nama di atas, sebenarnya masih banyak lagi tokoh penting di Ibukota, baik yang kini masih aktif maupun yang sudah purna tugas seperti, Hadi Purnomo, mantan Direktur Jenderal Pajak RI pada tahun 2001 hingga 2006

Dalam karirnya, pria kelahiran Pamekasan, Madura, tanggal 21 April 1947 itu juga sempat menjabat Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI pada tahun 2009 hingga 2014.

(*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *