Pasang

Berikut Doa agar Hujan Berhenti dan Terhindar dari Musibah

  • Bagikan
Doa agar hujan berhenti
Doa agar hujan berhenti (Foto: Doa harian islami)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Hujan merupakan salah satu rahmat dari Allah Swt, yang patut kita syukuri dan bisa terjadi kapan saja terutama saat musim penghujan.

Dengan turunnya hujan ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh makhluk hidup, salah satunya tumbuhan di sekitar kita bisa hidup.

Pasang

Namun seiring dengan hujan yang terlalu besar atau curah hujan yang tinggi bahkan bisa menyebabkan terjadinya musibah, seperti banjir dan musibah lainnya.

Hal itu perlu kita sadari dengan adanya banjir penyebabnya adalah ulah manusia sendiri, salah satunya membuang sampah di saluran air sehingga air hujan tidak bisa mengalir.

Dengan begitu, agar lingkungan kita bisa terhindar dari musibah tersebut, maka ada baiknya kita bedoa supaya hujan bisa berhenti dan cuaca bisa cerah kembali.

Baca juga: 5 Cara agar Tubuh Tetap Hangat di Musim Hujan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut doa hujan bisa berhenti agar tidak menyebabkan kerusakan, sebagaimana dalam sebuah hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad Saw mengajarkan bacaan in, antara lain:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Artinya:

“Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turukan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Menurunkan dan memberhentikan hujan merupakan kuasa Allah Swt, sebagaimana yang telah difirmankan dalm Al-Qur’an dalam Surat Hud ayat 44, yaitu:

وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Artinya:

Dan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim.”

Selain membaca doa di atas, kita juga dapat membaca doa ini supaya bisa terhindar dari segala musibah. Seperti yang diriwayatkan dalam hadits Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Utsman bin Affan RA:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *