Pasang

Berikut Urutan Kabupaten Terpadat di Pulau Madura

  • Bagikan
KOMPAK: Suku Madura dalam salah satu pagelaran budaya (Foto:@Igrifkarmanudin)
KOMPAK: Suku Madura dalam salah satu pagelaran budaya (Foto:@Igrifkarmanudin)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Pulau Madura adalah nama pulau yang terletak di Provinsi Jawa Timur, pulau ini besarnya kurang lebih mencapai 5168 kilometer persegi atau lebih kecil dari Pulau Bali.

Jumlah penduduk pulau ini sekitar 4 juta jiwa. Mayoritas didiami oleh suku Madura yang merupakan salah satu etnis populasi terbesar di Indonesia.

Pasang

Jumlah suku Madura sekitar 20 juta jiwa, mereka merupakan warga asli yang sudah menempati pulau ini sejak ribuan tahun silam. Selain di kawasan daratan, Suku Madura juga tersebar di kepulauan seperti Pulau Gilimandingan di Kabupaten Sampang, Pulau Kangean, Sapeken, Raas, Masalembu, Talango dan Giligenting.

Selain itu orang Madura juga banyak tinggal di bagian sebelah timur provinsi Jatim atau yang biasa disebut dengan Tapal Kuda, yakni dari Pasuruan sampai utara Banyuwangi.

Baca Juga: 5 Keistimewaan Wanita Madura, Cantik dan Pekerja Keras

Berikut 4 kabupaten terpadat di Madura dilansir dari berbagai sumber:

1. Kabupaten Sumenep
Jumlah penduduk kabupaten paling timur ini sekitar 1,1 juta jiwa, luas wilayahnya 1998,54 Km2, terbagi antara daratan dan kepulauan dengan lambang yang menjadi ikon adalah kuda terbang.

2. Kabupaten Bangkalan
Jumlah penduduk sekitar 1 juta  jiwa dengan luas wilayah 1001,44 Km2, ikon atau julukan kebanggaan adalah Kota Salak.

3. Kabupaten Sampang
Jumlah penduduk di kabupaten ini sekitar 970 ribu jiwa dengan luas wilayah 1233,08 Km2, dengan ikon atau jantung kota Monumen Trunojoyo. Sementara untuk julukan kebanggaan adalah Kota Bahari.

4. Kabupaten Pamekasan
Jumlah penduduk sekitar 880 ribu jiwa, dengan luas wilayah sekitar 792,24 Km2, dengan ikon atau jantung Kota Monumen Arek Lancor, untuk julukan yang menjadi kebanggan kota ini adalah Kota Gerbang Salam.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *