Pasang

Berkhasiat untuk Kesehatan, Inilah 5 Tips Mudah Konsumsi Bawang Dayak

  • Bagikan
Ilustrasi kapsul bawang dayak
Ilustrasi kapsul bawang dayak (Foto: [email protected])

TIPS, SINERGI MADURA – Bawang dayak dikenal dengan sebutan bawang tiwai atau bawang sabrang, oleh Suku Dayak dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit.

Karena bawang ini memiliki kandungan zat kimia alami, seperti alkaloid, steroid, flavonoid, glikosida, tanin, felonik dan zat lainnya, sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.

Pasang

Manfaat bawang dayak ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi langsung dalam keadaan segar dan bersih, caranya bawang tersebut diiris tipis terlebih dulu, kemudian diseduh dengan 1 gelas air mendidih sebanyak 200 mili, lalu diminum saat masih hangat, konsumsi 2-3 kali sehari.

Selain itu, kalian bisa mengkonsumsinya dengan cara lain,
berukut tipsnya:

1. Cara Membuat Simplicia Bawang Dayak
Siapkan bawang dayak yang telah dicuci bersih, kemudian dipotong atau di iris tipis-tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 °C selama sekitar 8 jam, atau dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Setelah kering, simplicia bawang dayak dikemas dan disimpan dengan rapi.

Cara Konsumsinya adalah, dengan menyeduh simplicia bawang dayak dengan air mendidih terlebih dahulu, lalu diminum selagi hangat untuk mendapatkan khasiat bawang merah yang menyehatkan.

Baca juga: Selain Bagus untuk Sistem Reproduksi Wanita, Ini Khasiat Bawang Dayak

2. Cara Membuat Bubuk Bawang Dayak

Sama seperti cara yang sebelumnya, siapkan bawang dayak yang telah dicuci bersih, kemudian dipotong atau di iris tipis-tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 °C selama sekitar 8 jam, atau dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Kemudian dinginkan dan dihaluskan (ditumbuk). Sebelum membungkus bubuk bawang dayak, terlebih dahulu diayak atau di saring.

Cara Konsumsinya, yaitu dengan menyeduh bubuk bawang Dayak dengan air mendidih, biarkan menjadi hangat lalu diminum.

3. Cara Membuat Kapsul Bawang Dayak
Sebenarnya ini merupakan cara mengawetkan dengan praktis, untuk mendapatkan manfaat bubuk bawang Dayak. Langkah pertama untuk membuat kapsul bawang dayak adalah, sama dengan membuat bubuk bawang dayak.

Kemudian bubuk bawang dayak disimpan, atau dimasukkan ke dalam kapsul. Bentuk kapsul lebih praktis untuk mengonsumsinya dan lebih aman dalam penyimpanan, seperti halnya mengonsumsi obat pada umumnya.

4. Cara Membuat Bawang Dayak Instan
Siapkan bawang dayak yang telah dicuci bersih, dan dipotong atau di iris tipis, kemudian tambahkan air bersih dengan perbandingan 1: 2 (1 kilogram bawang dayak dicampur dengan 2 liter air) ke dalam panci.

Untuk mendapatkan kegunaan bawang dayak, rebus hingga mendidih sambil diaduk dan tambahkan 1 kg gula (1 kg gula dan 1 kg bawang dayak). Selama proses mendidih itu diaduk terus menerus untuk membentuk kristal.

Setelah kristal dingin, kristal dayak dikemas dan disimpan atau dikonsumsi langsung (diseduh dengan air mendidih).

5. Cara Membuat Manisan Bawang Dayak
Bawang dayak dipotong atau di iris tipis dengan ketebalan antara 1-2 mm, kemudian siapkan 1 kg gula dan diencerkan dengan 1 liter air.

Setelah itu, rebus bawang dayak sekitar 5 menit, masukkan larutan gula sambil diaduk, masak sampai kental atau kering (sampai terbentuk kristal gula). Manisan bawang dayak siap dikonsumsi.

(*Anto/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Cara Konsumsi Bawang Dayak Untuk Pengobatan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *