Pasang

Bunda Wajib Tahu! Anak Bisa Tumbuh Sehat dengan Jamu Khas Madura Ini

  • Bagikan
Bunda Wajib Tahu! Anak Bisa Tumbuh Sehat dengan Jamu Khas Madura Ini
CERIA: Dua anak laki-laki tampak asyik bermain air (Foto: antaranews.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Anak merupakan buah hati hasil dari perjuangan para orang tua dalam membesarkan dan mendidik. Anak juga menjadi harta yang sangat berharga dibanding dengan apapun. Anak merupakan permata hati dan pelipur lara bagi setiap orang tuanya.

Namun, bagaimana perasaan orang tua bila si anak jatuh sakit. Pasti orang tua akan pusing tujuh keliling dan akan melakukan apa saja supaya anaknya cepat sembuh dan bisa bermain kembali.

Pasang

Tidak ada satu orang tua pun yang menginginkan sang buah hati menderita karena sakit. Ketika si anak sakit pasti para orang tua akan berusaha mencari obat apapun. Baik pergi ke dokter atau mencari obat ramuan herbal tradisional.

Kasih sayang orang tua terhadap anak juga dapat ditunjukkan dengan menjaga agar anak tetap sehat dan tidak sakit seperti menjaga kebersihan pakaian, makanan, dan lingkungan supaya daya tahan tubuh anak terjaga.

Dilansir dari berbagai sumber, Mimin akan berbagi ilmu bagaimana cara masyarakat Madura mampu menjaga daya tahan tubuh anaknya agar tidak mudah terserang penyakit dengan memberinya jamu.

Baca Juga: Daun Delima Putih di Madura Dipercaya Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Ramuan jamu tradisional ala masyarakat Madura dalam menjaga daya tahan tubuh anak sudah diberikan secara turun-temurun dan bahan-bahannya pun mudah didapat.

Bahan ramuan tersebut terdiri dari daun beluntas segenggam, daun asam segenggam dan satu ruas kunyit. Bahan-bahan tersebut kemudian dicuci sampai bersih.

Setelah itu, ramuan ditumbuk dan diperas menggunakan air. Air perasan ini kemudian disebut Sennam. Berikutnya sennam akan dicekoki kepada anak menggunakan ampas sennam yang dibungkus menggunakan kain bersih.

Tidak hanya sennam, ternyata ada juga ramuan khusus yang digunakan untuk membersihkan tenggorokan anak dari lendir yaitu daun cabe.

Proses membersihkan tenggorokan si anak dari lendir menggunakan ramuan daun cabe disebut oleh masyarakat Madura dengan istilah ngellor atau ekellor.

Biasanya, cara-cara seperti itu dilakukan oleh orang yang sudah profesional dan memiliki keahlian khusus dalam melakukan praktek ngellor tenggorokan anak.

Jika tidak paham caranya, jangan pernah sesekali melakukan praktek ngellor tenggorokan anak karena justru akan berakibat buruk terhadap kondisi kesehatan si buah hati.

Itulah salah satu resep jamu untuk anak ala masyarakat Madura daya tahan tubuh anak tetap terjaga. Ramuan di atas bisa digunakan bila anak sakit demam atau panas ringan.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *