Pasang

Bunda Wajib Tahu, Inilah Cara Ampuh Atasi Bayi Mogok Minum ASI

  • Bagikan
Bayi tidak mau menyusu
Ilustrasi bayi tidak mau menyusu. (Foto: alodokter.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Cara mengatasi atau mengembalikan mood bayi agar mau menyusu rupanya tak semudah yang dibayangkan. Sebab setiap bayi memiliki kondisi berbeda.

Pada umumnya, bayi tidak mau menyusu dalam waktu 24-48 jam pertama kelahirannya. Namun, di hari ke 2 dan 3, biasanya bayi sudah jauh lebih terjaga dan menyusu lebih sering, setidaknya 6 kali dalam 24 jam.

Pasang

ASI merupakan asupan nutrisi yang penting untuk bayi. Oleha karena itu, Bunda harus tahu cara mengatasi bayi yang tidak mau menyusu, agar tetap bisa mendapatkan ASI yang cukup.

Dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber, inilah beberapa cara ampuh untuk mengatasi bayi yang tidak mau menyusu.

1. Pastikan bayi menempel ke payudara dengan cara dan posisi yang benar. Sehingga tidak menyulitkan sang Bayi untuk menyusu.

2. Cobalah perah ASI ke mulut bayi Anda untuk mendorongnya mau menyusu. Jika bayi Anda frustrasi, hentikan dulu dan coba lagi nanti.

3. Cobalah menyusui saat bayi dalam keadaan mengantuk bahkan ketika tertidur lelap. Banyak bayi yang menolak menyusu saat mereka masih terjaga. Bisa juga ketika ia baru bangun tidur.

Lakukan pendekatan dengan lembut-jika dia bangun dan memprotes, biarkan saja jangan dipaksa.

4. Susui bayi di tempat yang gelap atau remang-remang, sunyi dan sepi, jauh dari suara radio, televisi atau gangguan suara-suara berisik.

Karena bayi khususnya usia 6-9 bulan akan rentan mogok menyusu karena ia sudah lebih sadar terhadap sekelilingnya dan mudah teralihkan perhatian.

5. Carilah posisi yang membuat bayi nyaman saat menyusui agar ia bisa menemukan posisi nyamannya dan mau menyusu. Jika bayi mengalami pilek dan hidung tersumbat, pegangi dia dalam posisi tegak selama menyusui. Bisa juga sedot dulu hidung bayi untuk mengeluarkan ingusnya sebelum menyusui.

6. Susui bayi sambil menggendongnya dan ayunkan perlahan atau sambil berjalan-jalan. Gerakan pelan dan konstan bisa membuat bayi merasa lebih nyaman.

Baca Juga : Bayi Mogok Menyusu, Inilah Beberapa Penyebab yang Wajib Diketahui Bunda

7. Biarkan bayi merasakan kontak dari kulit ke kulit dengan Anda, misalnya dengan melakukan aktivitas menyusui tanpa mengenakan baju atau mandi air hangat bersama. Teknik ini dapat membantu menjaga bayi Anda tetap dekat secara fisik dan emosional.

8. Cobalah putar musik santai sambil bernyanyi bersama, atau hanya bersenandung tanpa musik sambil mendorongnya untuk menyusu. Alunan musik yang lembut bisa menenangkan ibu dan bayi.

9. Jika bayi Anda sedang tumbuh gigi, gosok gusinya dengan handuk dingin atau jari Anda sebelum menyusui. Jika bayi menggigit puting payudara ketika menyusu, cobalah untuk tidak bereaksi terlalu keras atau heboh. Cukup selipkan jari Anda ke mulut bayi dengan cepat untuk mengurangi tekanan gigitannya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *