Bupati Pamekasan Ajak PT Garam Persero Sejahterakan Petani

Bupati Pamekasan Ajak PT Garam Persero Sejahterakan Petani
BERDUA: Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, saat menyambut hangat kedatangan PT Garam Persero (Ainur Rizky - Sinergi Madura)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA - Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengajak PT Garam Persero untuk bersama-sama memaksimalkan kesejahteraan petani garam.

Hal ini disampaikan saat Direktur PT Garam Persero bersilaturahmi ke Mandhapa Agung Ronggosukowati, Selasa (2/3/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pamekasan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta bagian perekonomian dan asisten pemerintah.

"PT Garam Persero harus mampu memberikan kesejahteraan bagi para petani garam, sehingga tidak ada lagi keluhan dari petambak bahwa panennya merugi, itu sudah jadi tugas dan kewajiban PT Garam Persero untuk menjamin kesejahteraan petani garam dengan produksi yang dihasilkan," ujar Ra Baddrut.

"Selama ini petani garam tidak bisa menggantungkan nasibnya kepada garam yang mengakibatkan banyak tambak garam milik petani dijual untuk mendaftar Calon Pegawai Sipil (CPNS,red) dan kebutuhan ekonomi lainnya," imbuh dia.

Baca Juga: Aktifkan Program Desa Tematik, Bupati Pamekasan Tinjau Potensi Desa

Untuk itu, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan ini berharap agar PT Garam Persero dapat memperbaiki harga garam rakyat.

"Hal ini tidak akan mungkin terjadi jika tambak garam dapat mensejahterakan. Mereka tidak harus jual tambak garam demi mendaftar CPNS dan kepentingan ekonomi, inilah fakta yang terjadi di masyarakat," tegas Ra Baddrut.

Selain itu, Bupati milenial ini juga berharap agar PT Garam Persero dapat menjalin komunikasi baik dengan para petani garam agar permasalahan yang terjadi segera bisa teratasi.

"Sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama dapat tercapai dan kesejahteraan masyarakat dapa terjamin," harapnya.

"Komunikasi sangat dibutuhkan karena komunikasi merupakan salah satu modal utama untuk meraih kesuksesan," imbuh Ra Baddrut.

Sementara itu, Dirut PT Garam Persero, Ahmad Hardianto mengatakan, kedatangannya bersama rombongan dalam rangka silaturahmi dengan Bupati dan jajaran Pemkab Pamekasan sekaligus memperkenalkan jajaran Direksi dan pejabat baru di instansinya.

"Kami juga laporan bagaiman kondisi PT. Garam Persero dan bagaimana kedepannya sesuai dengan 3 hal yang jadi pesan Menteri BUMN yakni membangun ekosistem garam Nasional, menjaga aset PT Garam dan mentransformasi PT Garam agar kedepannya lebih maju lagi," ucap dia. (rz/an/fd)


(*)