Pasang

Cara Bikin Nasi Serpang ala Bangkalan Madura

  • Bagikan
Cara Bikin Nasi Serpang ala Bangkalan Madura
Ilustrasi nasi serpang siap santap (Foto: IG @sbykulinerinfo)

BANGKALAN, SINERGI MADURANasi Serpang merupakan makanan kuliner khas Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang dapat Anda temukan di warung-warung pinggir jalan.

Kuliner yang satu ini hampir mirip dengan nasi campur yang sajiannya rame banget. Pas dijadikan sarapan untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Pasang

Apakah Sinergi Lovers pernah mencicipi atau bahkan sudah membuat masakan yang satu ini? Jika belum, Anda boleh membuatnya di rumah.

Berikut ini cara memasak masakan yang bikin perut auto lapar ini.

Sebelum memasak, Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.

Baca Juga: Coba Sarapan Khas Bangkalan Madura: Nasi Serpang!

Pertama, siapkan nasi putih. Bahan berikutnya adalah sayur krecek. Bahan sayur krecek ini terdiri dari: 1 ruas jari lengkuas, 2 lembar daun salam, 3 butir kemiri sangrai, 2 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 1/2 sendok teh terasi bakar.

Kemudian, 50 gram krecek atau kulit sapi atau kerupuk kulit, 4 buah tahu putih (boleh digoreng), 65 ml santan, garam secukupnya, gula pasir secukupnya, dan Royco secukupnya.

Bahan pelengkap lainnya berupa sambal terasi, empal daging, peyek kacang, tumisan kerang, serundeng kelapa dan bihun kecap secukupnya, 1 butir telur asin.

Selanjutnya, uleg bumbu halus lalu tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukkan air putih dan minyak santan secukupnya lalu masukkan kreceknya sambil diaduk sampai rata.

Terakhir tinggal penyajiannya, yaitu tata nasi putih di atas piring. Masukkan sayur krecek yang sudah selesai dibuat, dan nasi serpang siap disajikan. Selamat mencoba!

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *