Cara Formaba Ajak Siswa Lanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Cara Formaba Ajak Siswa Lanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi
FOKUS: Pelajar SMA Darul Mustofa Bangkalan saat menyimak penyampaian anggota Formaba (Moh. Sainuddin - Sinergi Bangkalan)

BANGKALAN, SINERGI MADURA - Forum Mahasiswa Bangkalan (Formaba) menggelar acara rutin tahunan dalam bentuk sosialisasi ke sekolah menengah atas (SMA) sederajat, Sabtu (27/2/2021).

Sosialisasi ke beberapa sekolah di pelosok desa ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelajar mengenai pentingnya pendidikan di masa depan.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan penyuluhan mengenai pendidikan, memberi dorongan dan motivasi bagi pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dalam rangka mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Salak. Sebab, pada tahun 2020, Kabupaten Bangkalan berada di peringkat kedua kategori pendidikan terbawah dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur.

Meski memang disadari bagi siswa yang ada di pelosok desa sangat susah melanjutkan ke perguruan tinggi akibat terkendala faktor biaya. Setidaknya, dengan sosialisasi ke sekolah diharapkan dapat membantu persoalan tersebut melalui program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun perguruan tinggi.

Ketua Umum Formaba, Zain Aminullah Jamil melalui Sekretaris Jenderal, Farah Diya Yasmine mengutarakan, pihaknya optimis lewat kegiatan ini akan lahir banyak perubahan.

Baca Juga: ASN di Sumenep Diduga Terlibat dalam Dugaan Kasus Pemerasan Warga Sipil

"Semoga dengan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini dapat mengubah paradigma para siswa akan pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga dapat mempersiapkan generasi muda, terutama di Bangkalan untuk membangun bangsa dan negara dan para siswa lebih siap untuk mengikuti perkuliahan, meningkatkan minat siswa untuk menjadi mahasiswi yang berprestasi serta gemar berorganisasi," jelasnya. 

Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang pernah menyabet juara 1 lomba debat Mahkamah Konstitusi 2020 ini mengimbau agar pelajar dapat memberikan kontribusi kepada kemajuan pendidikan di Kota Dzikir dan Sholawat. 

Kegiatan sosialiasasi ini sangat diapresiasi oleh banyak kalangan, terutama oleh tenaga pendidik di sekolah yang telah telah menunggu kehadiran anggota Formaba. Salah satunya guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kamal Kabupaten Bangkalan.

“Selain memberi motivasi, formaba ini menyelipkan beberapa cara jalur masuk lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT, red), pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS, red)," ujar salah satu guru BK SMKN 1 Kamal, Dini Purnaning Yusanti.

"Sosialisasi ini membantu kami guru bimbingan konseling (BK, red) dalam memberi informasi mengenai jalur masuk kuliah," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu siswi kelas tiga IPA SMA Darul Mustofa, Laila Mufarrohah mengaku bersyukur atas inisiatif Formaba dalam mensosialisasikan pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Syukur alhamdulillah kak, kami kedatangan kakak-kakak  Formaba. Karena kami belum tahu apa-apa mengenai Jalur masuk perguruan tinggi. Terimakasih banyak kak," kata siswi asal Desa Pangolangan, Kecamatan Burneh ini. (ms/an/fd)


(*)