Pasang

Cara Masak Cumi Kuah Hitam Kental Super Nendang ala Orang Madura

  • Bagikan
Cara Masak Cumi Kuah Hitam Kental Super Nendang ala Orang Madura
Hasil masakan cumi kuah hitam kental (Foto: budaya-indonesia.org)

KULINER, SINERGI MADURA – Masyarakat Madura juga jago dalam hal membuat masakan dengan hasil citarasa yang spektakuler sehingga membuat orang yang mencicipi akan ketagihan.

Memasak ikan cumi-cumi bagi masyarakat Madura bukanlah hal yang sulit. Sebab, mereka sudah memahami resep dan cara memasak yang benar.

Pasang

Di dalam tubuh ikan cumi-cumi terdapat tinta hitam yang memiliki fungsi untuk melindungi diri dari serangan musuh. Jenis ikan ini hidupnya hanya di dalam air laut.

Selain dagingnya yang lezat, bagi orang Madura, tinta hitam dari cumi-cumi ini bisa diolah menjadi masakan cumi kuah hitam. Rasanya bikin goyang terus.

Orang Madura menyebut ikan cumi-cumi adalah Jhuko’ Nos. Ikan ini memang begitu lezat dan nikmat jika dimasak dengan tinta hitamnya. Rugi kalau kamu belum pernah cobain rasanya.

Tenang saja, Mimin bakal kasih tahu cara memasak ikan cumi-cumi yang benar dan rasanya nikmat bisa dicoba langsung sendiri di rumah.

Baca Juga: Sejarah Mistis Nasi Pocong di Sumenep Madura

Setelah makan cumi kuah hitam, biasanya akan menyisakan bekas hitam di sela-sela gigi. Jadi setelah makan cumi kuah hitam jangan lupa sikat gigi ya!

Berikut resep sederhana dan cara membuat cumi kuah tinta hitam ala bunda Madura.

1. Bahan-bahan

Siapkan 300 gram cumi-cumi mentah dan tinta hitamnya jangan dibuang, 1 lembar daun bawang diiris, 2 buah cabe besar diiris.

2. Bumbu yang dihaluskan

Garam dan penyedap rasa seperti merica, lada, 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah.

3. Cara memasak

Setelah cumi-cumi dicuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya. Bila air sudah mendidih, masukkan bumbu yang telah di haluskan tadi kemudian tambahkan irisan daun bawang dan cabe besar. Selanjutnya, cicipi rasanya jika sudah pas tunggu hingga cumi-cumi matang dan siap dinikmati.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang membutuhkan!

 

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *